NUDC 2024 Resmi Ditutup Kemendikbudristek, UT Terima Penghargaan BPTI

saranginews.com, XHAKARTA – Universitas Terbuka (UT) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia Talent Development Center (BPTI) sukses menggelar National University Debating Championship (NUDC).

Diselenggarakan di Open University Convention Center (UTCC), Kantor Pusat UT, Tangsel, NUDC 2024 akan berlangsung selama satu minggu mulai tanggal 27 Mei hingga 1 Juni 2024. 

BACA JUGA: UT Tuan Rumah NUDC 2024, 112 Tim Terbaik Indonesia Adu Skill

NUDC tahun ini diisi oleh Panitia Pelaksana Mahasiswa (OC) UT, Liaison Officer (LO) dan Ketua, serta staf pengajar dan pengajar (TENDIK) dari berbagai unit bisnis Pusat UT.

NUDC 2024 diikuti oleh 112 tim terbaik dari seluruh universitas di Indonesia. Penyelenggaraan NUDC 2024 resmi ditutup Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Sabtu malam (1/6) setelah melalui berbagai tahapan mulai dari tahap penyisihan hingga final. 

BACA JUGA: UKT mahal di PTN tradisional, Universitas Terbuka solusinya, dijamin tidak akan berkembang

Wakil Rektor UT 3 Bidang Sistem Informasi dan Bekerjasama dengan Mahasiswa Prof. Dr. Paken mengucapkan terima kasih kepada Pandiangan, S.Si., M.Si., BPTI dan Puspresnas atas kepercayaannya menunjuk UT sebagai tuan rumah NUDC 2024.

Ia juga menegaskan komitmen UT sebagai salah satu PTN-BH dalam mendukung program Kemendikbudristek dan melaksanakan aksi nyata, termasuk ajang pencarian bakat.

BACA JUGA: Universitas Terbuka luncurkan MBKM Expo untuk mencetak generasi unggul dan kompetitif

“Meski NUDC 2024 telah berakhir, namun kita bisa terus berjuang, bekerja, melakukan perubahan yang langgeng dan proaktif dalam melahirkan ide-ide cemerlang untuk masa depan Indonesia,” ujar Prof. Poin-poin pidatonya disampaikan pada Senin (3/6). 

Sementara itu, UT menerima penghargaan BPTI yang diserahkan oleh Tatang Muttaqin, pakar bidang manajemen talenta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Maria Veronica Irene Herdgiono, Kepala Puspresnas. Penghargaan ini diberikan oleh Prof. Pandiang didampingi Ketua Pelaksana NUDC 2024 Anto Hidayat, S.IP., M.Si. 

“Penghargaan ini merupakan prestasi dan pengakuan bagi UT serta membuktikan UT sukses menjadi tuan rumah ajang pencarian bakat bergengsi nasional – NUDC 2024,” ujar Prof. Penampilan. 

Senada dengan itu, Tatang Muttaqin, Staf Ahli Manajemen Talenta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi berharap kerja sama antara perguruan tinggi dan BPTI dapat terus berlanjut dan berkembang menjelang berakhirnya NUDC 2024. ruang lingkup acara bakat. Hal ini tentunya harus dilakukan untuk melahirkan talenta-talenta emas Indonesia yang mampu bersaing secara nasional dan internasional.

Pemenang NUDC 2024 adalah:

• Kategori Pembicara Permulaan Terbaik: Rektor Universitas atas nama Kathleen Yasmin. 

Pembicara Umum Terbaik Kategori Terbuka: Universitas Gadja Mada dinamai Brian Jose Antonio Hambur. 

• Juara Perdana : Universitas Gunadarma, Muhammad Khofidz Al Gifani atas nama Ariel Davies Suntoro. 

• Juara terbuka: Francisca Anastasia Hutabarat dan Ramazan Bayram Sofiano Universitas Kristen Indonesia.

Selain itu, Penghargaan Roderick Sibarani diberikan untuk memberi penghargaan kepada para pendebat yang sudah tidak ada lagi. Penghargaan ini diberikan kepada tim Breaking 1sr Universitas Gadjah Mada yaitu Brian Jose Antonio Hambur dan Jaso Valentino Samvero. 

Selanjutnya, 10 wasit institusional teratas. Pemenang terbaik adalah Raziq Usman Ali dari Universitas Diponegoro. 

Kemeriahan acara ini semakin lengkap dengan hadirnya bintang tamu tepatnya IDGITAF. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *