Masih Alot, Koalisi 11 Parpol Belum Tentukan Pilihan

saranginews.com – DENPASAR – Koalisi sebelas parpol di Bali belum mengambil keputusan mengenai Pilkada Karangasem 2024.

Menurut Ketua DPD Partai Gerindra Bali, Made Muliawan Arya, pembahasan calon yang akan didukung Koalisi untuk Maju Indonesia (KIM) masih terus berjalan.

BACA JUGA: Tokoh Budaya dan PSI Muncul Nyatakan Dukungannya pada Irjen Ahmad Luthfi Menjadi Gubernur Jawa Tengah

“KIM sudah memiliki calon Karangasema dari Gerindra, NasDem, Golkar, dan Partai Demokrat, itu keputusan yang cukup sulit,” kata Made Muliawan Arya di Denpasar, Senin (06/03).

De Gadjah, sapaannya, mengungkapkan hal itu saat ditanya soal kehadiran individu calon wakil bupati Karangasem Ketut Putra Ismaya Jaya pada malam gala Prabowo-Gibran yang diselenggarakan KIM Bali, Sabtu (1/6).

BACA JUGA: Pengalaman Hellda Agustian diuji, cocok memimpin Cilegon

Diketahui, Ketut Putra Ismaya Jaya dan Wayan Kari Subali saat ini bersaing memperebutkan posisi tersebut melalui jalur individu.

Namun, KPU Karangasem harus memproses tuntutan mereka terlebih dahulu sebelum memastikan bisa melanjutkan ke Bacalon yang diusung partai politik tersebut.

BACA JUGA: Anies Tetap Perlu Bawa UKK, Tak Dapat Jalur Khusus dari PKB

Apabila suatu paket perseorangan dinyatakan gagal dalam proses pemeriksaan, maka paket tersebut tetap dapat diusulkan jika diusung oleh partai politik pada Agustus 2024.

Saat ditanya apakah alasan kedatangan Ismay Jay adalah untuk memeluk KIM Bali, De Gadjah mengatakan mereka pasti akan membantu.

Namun, jika ia tidak berhasil dalam nominasi individu, peluangnya untuk maju kecil.

Artinya, kita mengapresiasi mereka yang mau mengabdi pada daerahnya, kita apresiasi mereka tinggal duduk saja, karena kalau calonnya ada tiga pasangan, agak ricuh, ujarnya.

Ketua DPD Partai Gerindra Bali mengatakan KIM Bali masih mencari tahu siapa calon yang akan maju di Pilkada Karangasem dan akan lebih sulit jika lebih banyak yang ikut.

“Kami tidak menutup peluang, kami menerima mereka (Wayan Kari Subali-Ketut Ismaya Jaya). Ya mungkin bisa membantu dengan cara apa pun, demi kemaslahatan masyarakat Karangasem,” kata De Gadjah.

KIM Bali sendiri diketahui beranggotakan Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai NasDem, PSI, Partai Prima.

Kemudian PKB, Partai Demokrat, Partai Gelora, PBB, Partai Garuda dan PAN. Mereka semua sepakat untuk mengajukan satu paket calon kepala daerah saja di setiap kabupaten/kota se-Bali. (Antara/jpnn) Video terpopuler hari ini:

BACA ARTIKEL BERIKUTNYA… Kaesang bin Jokowi ingin Anies Baswedan berduet di pilkada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *