Mahmoud Ahmadinejad Daftar Pilpres Iran 2024

saranginews.com – TEHERAN – Mahmoud Ahmadinejad akan menjadi kandidat pada pemilihan presiden 2024 di Iran.

Ahmadinejad, yang menjabat sebagai presiden negara ini sebanyak dua kali selama 4 tahun berturut-turut dari tahun 2005 hingga 2013, tiba di pusat pemilihan di Teheran pada Minggu pagi (6/2) bersama beberapa asistennya.

BACA JUGA: Bagi yang rindu Ahmadinejad

Politisi ekstrem konservatif, yang meninggalkan jabatannya dan jatuh dari kepemimpinan negara, tidak memiliki aktivitas politik yang signifikan sejak tahun 2013.

Dewan Konstitusi, yang merupakan badan pemilihan tertinggi untuk pemilihan presiden, membatalkannya pada tahun 2017 dan 2021.

BACA JUGA: Iran belum menemukan penyebab kecelakaan yang menewaskan Presiden Rais

Pada tahun 2017, Hasan Rouhani terpilih kembali sebagai presiden.

Ibrahim Raisi terpilih pada tahun 2021.

BACA LEBIH BANYAK: Iran mulai menyelidiki jatuhnya helikopter Presiden Ibrahim Raisi.

Pemilihan presiden awal akan diadakan pada 28 Juni, setelah kematian Rais dalam kecelakaan helikopter di barat laut Iran pada 19 Mei.

Senin merupakan hari terakhir pendaftaran, setelah itu Dewan Konstitusi akan mengevaluasi calon dan mengumumkan daftar calon yang memenuhi syarat pada 11 Juni.

Kandidat yang memenuhi syarat memiliki waktu 2 minggu untuk berkampanye sebelum pemungutan suara tanggal 28 Juni.

Usai menyampaikan pencalonannya, Ahmadinejad mengatakan permasalahan negara bisa diatasi dengan memanfaatkan kemampuan yang ada.

Dia mengatakan dia mencalonkan diri lagi “atas kemauan rakyat” dan untuk “menyelesaikan masalah penghidupan masyarakat, mengembangkan dan meningkatkan dunia usaha, mengakhiri korupsi, membatasi intervensi pemerintah yang berlebihan, membuka ruang bagi pengusaha dan menciptakan platform untuk investasi.” .” ” “

Sejauh ini, banyak tokoh terkemuka yang ikut serta dalam pemilihan presiden, termasuk mantan perunding nuklir SEED Jalili, Wali Kota Teheran dan mantan calon presiden Alireza Zakani, mantan ketua parlemen Ali Larijani, bankir dan mantan calon presiden Abdulnasir Hammati, dan Menteri Kebudayaan Mohammad Mahdi Esmaili.

Penjabat Presiden Muhammad Mokhbar menolak berpartisipasi dalam pemilu, sementara Muhammad Bager Khalibaf, yang terpilih kembali sebagai Ketua Parlemen awal pekan ini, tidak menjelaskan rencananya. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *