Kisah AO PNM Bantu Selamatkan Lingkungan Lewat Pelatihan Mengelola Sampah

saranginews.com, JAKARTA – Karakter dan budaya PNM menjadi motivasi Triska bergabung sebagai Account Officer (AO) atau Support Officer di Program PNM Mekaar PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Berawal dari klien PNM Mekaar Padalarang yang bercerita tentang pentingnya menjaga lingkungan, Triska terinspirasi untuk menjadi mitra AO.

BACA JUGA: Dirut PNM berharap relawan BUMN mampu meningkatkan peluang desa

Triska juga didirikan untuk membantu para pelanggan tersebut dengan memberikan pelatihan pengelolaan sampah melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) PNM.

Nasabah Trisko dan PNM kemudian memanfaatkan Bank Sampah Bukit Berlian Padalarang yang tidak hanya memberikan pelatihan pengelolaan sampah tetapi juga budidaya cacing.  

BACA JUGA: Rayakan 25 Tahun, Generasi Milenial PNM Berbagi Harapan dengan Siswa dan Putri SLB Ravinala

Pelatihan ini merupakan salah satu dari tiga jenis permodalan PNM yang mendukung pertumbuhan Ultra mikro dan UMKM.

Ketiga topik tersebut adalah finansial, intelektual, dan sosial. 

Pimpinan PT PNM Arief Muliadi mengatakan, bank ini merupakan ide untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa ramah terhadap sampah sehingga bisa mendapatkan manfaat ekonomi dari sampah.

“Jadi bank yang terbengkalai dapat membantu mengubah sesuatu yang berharga menjadi sesuatu yang berharga.” Saya juga berharap hal ini dapat memberikan manfaat nyata tidak hanya pada pilar perekonomian, tetapi juga terhadap pembangunan lingkungan yang bersih, hijau, dan sehat di wilayah sekitar,” kata Arief seperti dikutip, Senin (3/6).

Triska mengaku yakin kehadirannya tidak hanya bisa lebih membantu para ibu klien melalui bantuan finansial, namun lambat laun komunitas ibu klien juga semakin sehat. 

Ketua Kelompok PNM Mekaar Unit Padalarang mengatakan Emma bersyukur karena dengan adanya pelatihan tersebut, kini perempuan bisa mengelola sampahnya sendiri.

“Sekitar dua ton sampah berhasil dibuang di Bank Sampah Intan Bukit Padalarang,” kata Emma.

Sementara itu, PNM akan terus mendorong klien untuk memperoleh pengetahuan baru guna mengembangkan bisnis klien di setiap sektor usaha. 

Kami berharap pelanggan dapat mempromosikan bisnisnya dengan cara yang berbeda, seperti yang sering dilakukan.

PNM merupakan organisasi yang memberikan pendanaan dan membantu perempuan miskin di Indonesia melalui sektor usaha ultra mikro (mcr10/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *