Universitas Al-Ahgaff Yaman Menggelar Wisuda, Mayoritas Wisudadari Indonesia

saranginews.com, JAKARTA – Universitas Al-Ahgaff Tarim, Yaman, menggelar wisuda mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum pada Kamis (30/5).

Sebanyak 130 mahasiswa diwisuda pada upacara tersebut, 109 di antaranya berasal dari Indonesia.

Baca Juga: Wisuda UMJ ke-79, Rektor: Lulus kuliah tidak otomatis, orang tua perlu bersabar

Lulusan Indonesia sebanyak 109 orang berasal dari berbagai wilayah Indonesia. 

Berikut rinciannya: Jabodetabek 17 orang, Jawa Barat sembilan orang, Madura 10 orang, Kalimantan Barat empat orang, Sulawesi tiga orang, Jawa Tengah 13 orang, Jawa Timur delapan orang, Aceh enam orang, Sumut enam orang, Sumbar tiga orang, Tiga dari Riau Dua, satu dari Jambi, satu dari Kepri, tiga dari Sumsel, tiga dari Lampung, 10 dari NTB, dua dari Kalimantan Tengah, dan 13 dari Kalimantan Selatan.

Baca selengkapnya: Ratusan Yayasan Insan Mandiri Gelar Hafidz dan Hafidzah

Selain wisudawan dari Indonesia, terdapat 21 wisudawan lainnya yang sebagian besar merupakan wisudawan asal Yaman 16 orang, Malaysia 3 orang, Thailand 1 orang, dan Arab Saudi 1 orang.

Para wisudawan tersebut berasal dari tiga departemen berbeda yang berada di bawah naungan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Al-Ahghaf: Departemen Syariah, Departemen Syariah dan Hukum, dan Departemen Ilmu Hadits.

Al Habib Abdullah bin Muhammad Bahroun, Rektor Universitas Al-Ahgaff, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para mahasiswa atas komitmen dan minat belajarnya.

Beliau juga mengingatkan para wisudawan untuk terus belajar, tidak berpuas diri dengan ilmu yang dimiliki dan selalu menyebarkan berita dimanapun berada.

Raydan Muhammad Mushofa, salah satu mahasiswa Jurusan Hadits Wonosobo, menekankan pentingnya peran universitas dalam membimbing lulusan agar berakar pada nilai-nilai Salaf, namun tetap terbuka untuk diskusi internasional.

“Universitas Al-Ahgaf merupakan universitas yang ingin mengajak kita melihat dunia dan membicarakan isu-isu internasional, namun tetap menjaga akar salaf,” kata Radon seperti dikutip saranginews.com pada Minggu (2/6).

Upacara wisuda ini merupakan tonggak penting dalam kehidupan akademik mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Ahgaff. 

Setelah itu, para wisudawan akan kembali ke tanah air dengan harapan dan tekad baru untuk berkontribusi bagi pembangunan Indonesia.

Universitas Al-Ahghaf dikenal sebagai institusi pendidikan terkemuka di Yaman dan menawarkan beberapa program akademik berkualitas yang berfokus pada studi Islam.

Banyak pelajar internasional, termasuk pelajar dari Indonesia, memilih universitas ini karena reputasinya yang unggul dalam pendidikan dan penelitian.

Dengan lulusnya para mahasiswa ini, diharapkan akan lahir generasi baru (mcr8/jpnn) yang siap berperan aktif di berbagai bidang dan menciptakan perubahan positif di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *