Komunitas PERTIWI Dorong Gaya Hidup Berkelanjutan & Kesejahteraan Holistik Pekerja Pertamina

saranginews.com JAKARTA – Komunitas perempuan Pertamina Resilient Inspiring Wibawa Integrity (PERTIWI) menggelar acara PETIWI inspiratif di Grha Pertamina, Jakarta pada Jumat (31 Mei) dengan mengusung tema “Sustainable Living for Holistic Well-Being”.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nike Widyawati mengatakan PETIWI Pertamina sangat menginspirasi.

BACA JUGA: Pertamina kebut produksi liquefied petroleum gas, komentar Menteri Perdagangan Zulhas

“Perempuan dilahirkan untuk mengembangkan sesuatu, melahirkan sesuatu, dan ingin memeliharanya agar bermanfaat, melalui inovasi, keberanian, keuletan, dan multitaskingnya,” kata Nike dalam keterangan resminya, Minggu (2/). 6).

Ia berharap PETIWI Pertamina dapat bersiap menghadapi tantangan global.

BACA JUGA: Pertamina undang delegasi ASCOPE untuk melepas tukik dalam kunjungan konservasi penyu

“Nah dalam konteks ini bagaimana kita mengelola Pertamina dan memanfaatkannya untuk kepentingan bangsa Indonesia, sekaligus menjawab tantangan global, memperkuat posisi Indonesia di mata dunia,” tegasnya.

Menurut Nick, ada yang perlu ditambahkan dalam holistic wellbeing, yaitu semangat sejahtera dengan kerja tambahan dan optimalisasi seluruh sistem pendukung.

BACA JUGA: Regional JBB Pertamina Patra Niaga Raih Top CSR Awards 2024

Hal lain yang perlu dipahami adalah bagaimana perempuan meyakinkan berbagai pihak, diantara sekian banyak stereotip tentang perempuan, yang mampu mengubah stereotip tersebut adalah perempuan itu sendiri yang saling melengkapi untuk membantu mencapai tujuan perusahaan dengan cepat.

VP Corporate Communications Fajar Joko Santoso menambahkan PETIWI Pertamina merupakan komunitas pemberdayaan perempuan yang didirikan pada tahun 2021.

Komunitas ini memiliki program yang mencakup 5 aspek kesejahteraan karyawan secara holistik meliputi kebugaran jasmani, mental dan intelektual, sosial dan lingkungan, pekerjaan dan finansial.

Menurut Fajar, hal ini menjadi seruan agar Pertamina terus memperkuat peran pegawai perempuan sesuai perintah Kementerian BUMN.

“Bahkan, Pertamina menargetkan memiliki hingga 25 persen pemimpin perempuan di Pertamina,” jelas Fajar.

Sekadar informasi, acara tersebut juga dihadiri oleh Chief Financial Officer PT Pertamina (Persero) yang juga Ketua Umum PETIWI Pertamina, Emma Sri Martini.

Selain itu, seluruh pimpinan Subholding PETIWI dan Portofolio AP, serta pengurus baru PETIWI Pertamina Group juga hadir dalam acara Pertiwi Inspire 2024.

Acara Pertiwi Inspire 2024 juga menghadirkan 3 pembicara muda inspiratif.

Modi Ayunda selaku salah satu pembicara menyambut baik keikutsertaan dalam acara PETIWI Inspire.

“Saya pikir acara ini sangat penting. Ada kebutuhan untuk menciptakan komunitas dan program untuk memberikan lebih banyak dukungan kepada pekerja,” kata Modi pada acara bincang-bincang “Holistic Wellness Balancing Career, Education and Personal Health.”

Putri Tanjung yang turut hadir dalam PETIWI Inspire 2024 membahas tentang ekosistem bisnis berkelanjutan.

Beliau juga menjelaskan upaya berkelanjutan yang dilakukan CT Corps.

Putri Tanjung menjelaskan, CT Corps juga memiliki pemimpin perempuan pada posisi kepemimpinan, sehingga program pemberdayaan perempuan yang dilaksanakan dapat dilaksanakan dan saling menguatkan.

Hal senada juga diungkapkan pembicara lainnya, Putu Ayu Saraswati, Puteri Lingkungan Hidup Indonesia 2020.

“Saya senang atas kesempatan ini, bahkan bisa bertemu langsung dengan direksi Pertamina, serta para pembicara dan petinggi Pertamina lainnya. Acara ini juga memperlihatkan lebih detail apa itu PETIWI, sungguh luar biasa acaranya,” jelas Putu Ayu. Saraswati dalam talkshow bertajuk “Hidup Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Holistik.”

Sebagai perusahaan terdepan di sektor transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung tujuan pencapaian net-zero emisi pada tahun 2060 dengan terus mendukung program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan standar lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (mrk/japnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *