Komjen Pol Boy Rafli Tekankan Pentingnya Peran Alumni dalam Pengentasan Pengangguran

saranginews.com, JAKARTA – Peran himpunan alumni dalam mengatasi pengangguran dinilai krusial. Jaringan alumni akan memudahkan lulusan sekolah dalam mengisi peluang kerja.

Ketua Umum Ikatan Alumni SMA Negeri 37 Jakarta, Kombes Pol. (Purn.) Bocah Rafli Amar menuturkan, banyak potensi yang dimiliki alumni. Kemungkinannya, kata Boy, bisa menjadi aset bangsa.

BACA JUGA: Komjen Boy Rafli Resmikan Kios NKRI di Jember

“Banyak kebaikannya, ke depan harus kita jaga agar menjadi bagian dari aset masyarakat kita. Kita harus menjadi subjek kegiatan perekonomian bangsa kita sendiri,” kata Boy saat acara Halalbihalal SMA. Ikatan Alumni Negeri 37 Jakarta, Minggu (2/6).

Boy mengatakan, perkembangan teknologi dan inovasi membuat persaingan di dunia semakin ketat. Anda memerlukan tekad yang kuat untuk mencapai tujuan Anda. “Ini adalah kompetisi yang sangat ketat. Artinya, nilai tambah keahlian itu harus ada, ujarnya.

BACA JUGA: Komjen Boy Rafli Amar: Masyarakat Harus Sepakat KKB Musuh Bersama

Menurutnya, seluruh alumni harus memiliki wirausaha. Alumni harus mampu memberikan wadah untuk membekali dan melatih adik-adiknya dengan berbagai kegiatan.

Bagaimana menjadi wirausaha yang berdaya saing di masyarakat, itulah kemampuan yang harus kita berikan pelatihan. Tidak semua orang terpikir untuk menjadi pegawai, menjadi PNS, ASN, TNI Polri. Tapi kemampuan untuk berwirausaha, ujarnya.

BACA JUGA: Pengganti Boy Rafli Sebagai Panglima BNPT Sudah Ada di Kantong Jokowi, Siapa?

Boy Rafli juga menekankan pentingnya pendidikan perguruan tinggi. Ia berharap tidak ada orang lain yang menganggap sampai SMA saja sudah cukup. “Idealnya syaratnya bisa kuliah. Kita tidak hanya bicara soal uang. Banyak keluarga yang latar belakang ekonominya normal, tapi anaknya kuliah di universitas besar, bahkan di luar negeri,” ujarnya.

Menurutnya, tekad yang kuat harus ditumbuhkan dalam diri seluruh siswa agar tetap berprestasi, karena ada fasilitas beasiswa. “Kita perlu memotivasi dan menginspirasi mahasiswa untuk menjadi orang-orang hebat. “Kalau tidak ada prestasi pasti menjadi beban masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Humas Ikatan Alumni SMA Negeri 37 Jakarta Hendri Satrio mengatakan, Ikatan Alumni bukan hanya sekedar wadah silaturahmi, namun juga wadah masa depan siswa.

Menurut Hensat, sepengetahuannya Ikatan Pascasarjana perlu memperluas jaringan mahasiswanya agar membuka lebih banyak lapangan kerja dan hal ini dapat dimanfaatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *