BRI Ajak Peserta Relawan Bakti BUMN 2024 Berpetualang di Desa BRILiaN

saranginews.com, Jakarta – Kementerian BUMN meningkatkan kepedulian pegawai terhadap masyarakat dan lingkungan melalui Program BUMN Swayamsevak Seva 2024.

BRI mengundang jajaran Briliun BRI dan jajaran BUMN lainnya untuk mengikuti kegiatan seru di Desa Briliun Ketapanrame yang terletak di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.  

Baca Juga: BRI dorong pemasaran produk kompleks melalui platform digital

Pegawai BUMN tersebut berasal dari PT KAI, PT Taspen, PT PLN, PT Kimia Farma, PT Angkasa Pura II, PT Pupuk Sriwidjaya Palembang, PT POS Indonesia, PT Assuransi Credit Indonesia, Peram Bulog dan PT Waskita Karya.

Diawali dengan “Petualangan di Desa BRIlian”, para relawan mengikuti berbagai kegiatan yang direncanakan selama tiga (3) hari pada tanggal 20-22 Mei 2024.

Baca Juga: Bridgestone Indonesia Raih 2 Penghargaan, Berhasil Turunkan Emisi

Proyek yang pernah dilakukan antara lain “Live in With Community” dimana para relawan tinggal di rumah-rumah umum dan menikmati fasilitas Desa Brillian Ketapanrame. 

Relawan memberikan informasi tentang BUMN kepada guru dan siswa di sekolah (MI dan SMP) serta mengajarkan bahasa Inggris kepada siswa di sekolah tersebut.

Relawan ‘Swayamsevak Bakti BUMN 2024’ juga memberikan edukasi kepada mahasiswa tentang bank sampah. 

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang pengelolaan sampah sehingga mengembangkan pengetahuannya tentang lingkungan dan memperoleh keterampilan memisahkan sampah organik dan non-organik.

Selain itu, para relawan juga mengajarkan tentang “perlunya menghindari gangguan” karena asma merupakan masalah kesehatan masyarakat yang masih ada di Indonesia. 

Hal ini merupakan dukungan BUMN terhadap apa yang dilakukan pemerintah dalam mencegah dan mengurangi angka disrupsi di bidang pendidikan serta mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Relawan mengelola kegiatan seperti pengecekan berat dan tinggi badan anak serta pemberian makanan tambahan (PMT) kepada anak.

Pada hari terakhir proyek, para relawan mengunjungi usaha kecil dan menengah (UMKM) di desa Ketpanrame dan melihat sendiri kegiatan produksi UMKM setempat. Desa Ketpanrame memiliki banyak pelaku UMKM seperti produsen kopi, produsen makanan olahan, produsen jeruk dan produsen jamu.

Desa BRILIAN Ketapanrame merupakan destinasi wisata yang ramai dengan Wisata Sawah Sumber Gempong yang populer.

Di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati wisata alam dengan fasilitas ramah keluarga.

Terpisah, Wakil Direktur BRI Katur Budi Harto mengatakan melalui program BUMN Swayamsevak Seva, relawan dapat turut berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat.

Program tersebut juga memberikan kesempatan kepada pegawai BUMN untuk mengikuti berbagai program kepedulian sosial dan masyarakat melalui program kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, dan pemberdayaan masyarakat.

“Kami percaya bahwa relawan dapat membangun karakter pribadi atau mengembangkan manusia, membentuk budaya AKHLAK dan meningkatkan minat bekerja. Relawan juga mendapat kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan aktivitas baru, bekerja dalam kelompok, dan berinteraksi dengan berbagai kelompok orang,” dia berkata.

Katur menambahkan, BRI mendukung pembangunan desa Ketapanrame melalui inisiatif Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), program pemberdayaan UMKM, dan penyediaan infrastruktur di desa tersebut.

Desa Ketpanrame merupakan salah satu peserta program DESA BRILIAN 2021, dimana Desa BRIlian merupakan program penerangan desa yang bertujuan untuk mendemonstrasikan pembangunan desa dengan membentuk kepemimpinan desa yang baik dan semangat gotong royong untuk mewujudkan potensi desa yang berbasis pada pembangunan berkelanjutan. Tujuan (SDG’s). Desa Ketpanrame memiliki banyak potensi mulai dari alam, budaya hingga penguatan kawasan pedesaan. Berbagai keterampilan tersebut berkontribusi terhadap perkembangan perekonomian desa.

Selain program pemberdayaan di Desa Briliun, BRI juga memberikan dukungan pengembangan kepada desa Peduli Ketpanrame seperti dukungan peningkatan pusat pendidikan MI Dwi Dasa Warsa Ketpanrame dan SMPN 1 Travas, dukungan kepada klinik kesehatan Mugi Waras desa Ketpanrame. , dukungan bisnis kepada Kelompok Tani Kopi Bontugu, dukungan bisnis kepada Kelompok Tani Kopi Dalundang dan dukungan pembangunan infrastruktur Tepi Barat Mutiara Welirang (jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *