Perkuat Segmen Bisnis, KAI Logistik Targetkan Kelola 28 Juta Ton Batu Bara

saranginews.com, JAKARTA – Ahmad Malik Syah, Direktur Utama KAI Logistik, TLN, mengatakan bagi KALOG Pro, jasa pengelolaan batubara masih menjadi sumber pendapatan utama perseroan.

Pada tahun 2023 Bisnis batu bara akan menambah pendapatan sebesar 477 miliar. Rp atau sekitar 43% dari total kemenangan.

BACA JUGA: KAI Logistics meningkatkan produktivitas dengan inovasi dalam transportasi kontainer sisi terbuka

“Pada tahun 2024 KAI Logistics sedang menyusun serangkaian program strategis untuk mencapai target kinerja karbon yang juga akan menjadi sumber pendapatan utama perusahaan,” kata Ahmad Malik.

Hingga tahun 2024 pada bulan April perusahaan mengelola lebih dari 6 juta ton batu bara dan mencatatkan lebih dari Rp 134 miliar atau 77% dari target proporsional pada tahun 2024.

BACA JUGA: PT ANTAM menjamin keaslian dan kemurnian seluruh produk emas logam mulia

KAI Logistics mencoba menyusun strategi untuk meningkatkan efisiensi penanganan batubara, termasuk meningkatkan pekerjaan transportasi, termasuk terminal bongkar batubara Kramasan yang berkapasitas 20 juta ton. ton per tahun, pembangunannya dimulai pada tahun 2023. paruh kedua tahun ini.

Pada bisnis penanganan batubara, Perseroan fokus pada efisiensi pelayanan, termasuk pemasangan infrastruktur modern, termasuk sistem conveyor belt yang terintegrasi dengan ship loader untuk memuat batubara ke tongkang dengan mengutamakan efisiensi dan efektivitas.

BACA JUGA: SIG dan Bina Karya Gandeng Pasok Green Cement ke Proyek IKN

Dengan ship loader, tongkang seberat 8.300 ton dapat dimuat dalam waktu 5-6 jam, yang biasanya memakan waktu 30 jam jika menggunakan tipper.

“Investasi besar dalam modernisasi infrastruktur yang dimulai pada tahun 2016 ini merupakan bentuk inisiatif perusahaan untuk mengembangkan bisnis dengan mengedepankan tanggung jawab perusahaan, dimana sistem konveyor ini akan mengurangi emisi yang dihasilkan oleh dump truck saat memuat batubara di tongkang. ,” jelas pria yang akrab disapa Malik itu.

Inisiatif ini juga mendapat pengakuan dari TOP CSR Awards 2024, dimana KAI Logistik berhasil meraih TOP CSR Awards 2024 pada kategori #Stars 4 dan Top Leader pada kategori CSR Commitment 2024.

Selain sistem konveyor yang dipasang di Terminal Kertapati, Palembang, penghargaan tersebut juga atas co-value Creation yang dilakukan KAI Logistics yang dilaksanakan dengan mengangkut limbah B3 menggunakan Roll off box yang telah beroperasi sejak Desember 2023. langkah perusahaan untuk memperhatikan aspek keberlanjutan. (chi/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *