Komentar Bojan Hodak Jadi Pelatih Asing Pertama Bawa Persib Juara

saranginews.com – Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak tak bisa menyembunyikan raut bahagia usai membawa timnya menjuarai Ligue 1 2023/2024.

Persib meraih mahkota tersebut setelah mengalahkan Madura United 3-1 di final seri kejuaraan tersebut. Maung Bandung unggul agregat 6-1 atas tim bernama Laskar Sape Kerab.

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Ucapkan Selamat kepada Persib Bandung, Lewat Pesan untuk Boboto

Ini merupakan gelar ketiga Persib, dengan Hodak menjadi pelatih asing pertama yang menyerahkan gelar tersebut kepada Maung Bandung.

Dua gelar sebelumnya diraih Persib saat juga dibesut Indra Tohir (1994/1995) dan Jajang Noorjaman (2014).

Baca juga: Persib Juara Ligue 1, Ribuan Bobotoh membanjiri Bandung

Menanggapi hal tersebut, Hodak mengaku belum bisa berkomentar banyak. Meski demikian, ia senang dan bangga menjadi pelatih asing pertama yang memberikan penghargaan tersebut kepada Persib.

“Yah, saya tidak menjelaskan banyak, tapi selalu bagus kalau menang dulu, ya, seperti kemenangan pertama melawan Bali United dan pelatih asing pertama yang menang,” kata Hodak. (1/6/2024).

Baca Juga: Madura United vs Persib Bandung: Status Jaja Jadi Tanda Tanya

Di bawah Hodak, Persib menjelma menjadi tim tangguh yang mampu mengalahkan lawan. Bali United FC menjadi salah satu korban yang takluk di babak final rangkaian kejuaraan tersebut.

“Selalu baik untuk menjadi yang pertama,” katanya.

Sementara soal laga melawan Madura United, Hodak mengatakan timnya mendapat kendala karena lawan terlihat menyerang sejak awal pertandingan.

Namun, pertahanan kuat yang dilakukan quarterback Nick Kuipers pada akhirnya membuahkan hasil. Persib hanya mencetak satu gol di sisa menit pertandingan melawan Madura United.

“Kami bertahan dengan sangat baik. Di babak kedua, kami mulai mendapatkan ruang dan mendominasi. Pada dasarnya, kami memiliki banyak peluang untuk mencetak gol, dan yang pertama adalah memenangkan piala,” kata pelatih asal Kroasia itu.

David da Silva, Mark Klock (86′), dan Beckham Putra (90+2′) mencetak tiga gol untuk Persibi pada menit ke-60 di penghujung perpanjangan waktu.

Bojan Hodak dan David da Silva juga meraih gelar individu di Ligue 1. Hodak dianugerahi Pelatih Terbaik BRI Liga 1 Tahun 2023/2024, sedangkan David menjadi top skorer Ligue 1 dengan 30 gol (mcr27/ Jepang).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *