Jokowi: Saya dapat Laporan dari Pertamina, Blok Rokan Ini Paling Besar

saranginews.com, DUMAI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin perayaan Hari Lahir Pancasila (Harlah) 2024 di Stadion Garuda Pertamina Hulu Rokan Dumai, Sabtu (1/6).

Diketahui, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menetapkan Blok Rokan sebagai tempat peringatan Harlah Pancasila 2024 karena merupakan simbol ketahanan energi tanah air.

BACA JUGA: Pertamina Patra Niaga JBB Lokal Raih Penghargaan Top CSR 2024

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan semangat nasionalisme, kebanggaan dan persatuan bangsa.

Jokowi mengatakan, sebaiknya mereka mengambil sumber daya strategis nasional, mengelolanya, dan memanfaatkannya terutama untuk kepentingan rakyat.

BACA JUGA: Pertamina Hulu Rokan diyakini berperan penting dalam menggerakkan perekonomian daerah

Salah satunya adalah Blok Akar di Riau, tempat yang digunakan untuk memperingati hari lahirnya Pancasila.

“Setelah kita mengakuisisi mayoritas saham Freeport, kita mengambil alih blok Rokan, blok migas paling produktif sepanjang sejarah perminyakan Indonesia yang dioperasikan oleh perusahaan asing Caltex dan Chevron selama 97 tahun,” kata Jokowi.

BACA JUGA: Pertamina dan Komisi VII DPR RI dukung peningkatan produksi migas nasional

Keberadaan Pancasila, kata dia, dianggap sebagai kebebasan dari ketergantungan pada pihak asing.

“Saya mendapat laporan dari Dirut Pertamina, produksi di Blok Rokan mencapai 162 ribu barel per hari. Lebih banyak dibandingkan saat alih kelola yang mencapai 25 persen.” kata Jokowi.

Warga negara Indonesia pertama ini menegaskan, perebutan Freeport dan Blok Rokan merupakan salah satu contoh semangat seluruh upaya kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi, penerapan Pancasila dalam kehidupan nyata untuk membangun perekonomian.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan Blok Rokan berperan penting dalam mewujudkan kedaulatan, kemandirian, dan kemandirian nasional.

Blok Rokan merupakan salah satu infrastruktur energi nasional yang dikelola Pertamina sejak tahun 2021. Sebagai BUMN, Pertamina mengelola bisnis energi berdasarkan nilai-nilai yang dijunjung Pancasila, kata Nicke.

Nikke menegaskan, Blok Rokan merupakan simbol semangat nasionalisme, kebanggaan dan persatuan bangsa.

Blok Rokan yang sudah puluhan tahun dikuasai alien akhirnya bisa kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

“Pertamina bersama putra-putri terbaik negeri berhasil mengelola Blok Rokan secara profesional sesuai standar pengelolaan energi global. Ini kebanggaan dan simbol kedaulatan negara, itulah sektor energi.” kita dapat menjalankan blok besar dan bersaing dengan perusahaan energi global,” kata Nicke.

Ia mengatakan, Pertamina harus mengelola energi secara adil.

Produk minyak bumi dari blok migas harus diproduksi agar menghasilkan produk yang berkualitas dan didistribusikan secara merata ke seluruh belahan dunia. (jpnn) Yuk tonton juga video ini!

BACA SELENGKAPNYA… Pertamina Group menyalurkan bantuan kepada korban Badai Dingin dan tanah longsor di Sumbar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *