Inovatif Salurkan CSR, Insight IM Raih Bintang 5 TOP CSR Awards 2024

saranginews.com, JAKARTA – PT Insight Investments Management (Insight IM) kembali meraih penghargaan untuk kategori Corporate Social Responsibility (CSR).

Kali ini Insight IM berhasil meraih penghargaan tertinggi yakni 5-Star Award pada TOP CSR Awards 2024 yang diadakan Majalah Top Business di Raffles Hotel Jakarta.

Baca Juga: Insight IM Wujudkan Impian Jemaah Umrah Kembali

Perusahaan yang mencapai Level/Bintang 5 dinilai memiliki tingkat sistem, kebijakan, dan implementasi CSR yang ‘baik’ dalam mendukung strategi pertumbuhan bisnis berkelanjutan.

“Insight IM meraih peringkat bintang 4 pada Top CSR Awards tahun lalu, dan kami bangga telah meraih peringkat bintang 5 tertinggi pada penghargaan tersebut pada tahun 2024. Program CSR Insight IM inovatif dan layak menjadi referensi bagi perusahaan lain. “Pencapaian ini mencerminkan keselarasan program CSR Insight IM dengan ISO 26000 SR dan penerapan Creating Shared Value (CSV),” kata Direktur Insight IM Ria M. Warganda dalam keterangannya, Rabu (29/5).

Baca juga: Insight IM Raih Penghargaan Manajer Investasi Terbaik 2023

Pada acara tersebut, Direktur Insight IM Ria M. Warganda menerima penghargaan Top Leader on CSR Commitment 2024.

Penghargaan ini diberikan kepada pemimpin bisnis atau presiden direktur/pimpinan eksekutif perusahaan yang dinilai menunjukkan komitmen signifikan dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan keberhasilan implementasi CSR perusahaan.

Baca Juga: Perangi Stunting, Insight IM dan PKBI Gandeng Program CSR

“Atas pengakuan ini, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada penyelenggara kami, Majalah Top Business. Seperti seluruh investor Insight IM, kami sangat berterima kasih atas kepercayaan dan konsistensi mereka terhadap produk Reksa Dana Insight IM,” kata Ria.

TOP CSR Awards 2024 mengangkat tema “CSR dan ESG Innovation Program for Sustainable Business Growth”.

Upacara penghargaan ini diadakan untuk mendorong peningkatan efisiensi dan kualitas program CSR perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Setiap tahunnya, TOP CSR Awards selalu diikuti oleh ratusan perusahaan, termasuk perusahaan swasta Indonesia, BUMN, dan BUMD.

Menurut Ria, nilai-nilai CSR terintegrasi dalam seluruh produk Reksa Dana Insight IM.

Dana CSR ini diperoleh dengan mengumpulkan sebagian keuntungan (biaya pengelolaan) dari setiap produk reksa dana Insight IM, dan digunakan untuk berbagai program yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

“Slogan InsightIM adalah mentransformasikan investasi menjadi dampak sosial. Kami selalu mengedepankan prinsip investasi yang bertanggung jawab secara sosial dalam mengelola investasi pada produk reksa dana apa pun,” jelas Ria.

Lebih lanjut Ria menjelaskan, sejak berdirinya, Insight IM telah melaksanakan berbagai program CSR unggulan di berbagai bidang, antara lain energi terbarukan, ekosistem pertanian dan kelautan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesehatan, kemasyarakatan, dan agama.

Salah satu contoh program CSR unggulan Insight IM adalah Prowomen for Renewable Energy.

Program tersebut merupakan bentuk dukungan pemanfaatan energi terbarukan kepada kelompok masyarakat petani kopi, khususnya perempuan petani kopi di Lombok Tengah, NTB.

Kemudian ada juga program pencegahan stunting dan gizi anak yang dilaksanakan di tiga wilayah pendukung dalam program Gerakan Keluarga Pencegahan Stunting (Raga Genting) dan Gerakan Masyarakat Pencegahan Stunting (GEGATI).

Kemudian program unggulan lainnya yang rutin dilakukan Insight IM setiap tahunnya adalah pemberangkatan umroh bagi masyarakat tidak mampu namun tetap memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan.

Sejauh ini sudah lebih dari 800 jamaah umrah yang diberangkatkan melalui Insight IM.

“Bagi kami, reksa dana tidak hanya menghubungkan investor dengan perusahaan yang membutuhkan modal, tetapi juga dapat menjadi penghubung antara masyarakat yang bermodal dengan komunitas dan lingkungan yang membutuhkan,” kata Ria.

Inovasi CSR Ala Wawasan IM

Selain program unggulan di atas, Insight IM juga tengah menjalankan beberapa program CSR baru, salah satunya adalah Insight Energy Village.

Program yang bekerja sama dengan Yayasan Insan Bumi Mandiri dan Yayasan Inspirasi Bangunan Indonesia (YIIM) untuk mendukung pengembangan energi berkelanjutan di Indonesia ini menawarkan solusi berupa unit penyimpanan solar mini-cooled. Nelayan menyimpan hasil tangkapannya secara optimal dan memanfaatkannya sebagai alat pembuatan es balok.

Berdasarkan penelusuran masyarakat setempat di Desa Tanjung Boleng, Nusa Tenggara Timur, diketahui rendahnya pendapatan nelayan di desa ini bukan karena rendahnya hasil tangkapan, melainkan karena mereka tidak mampu membeli ikan segar yang ditangkap di gudang Labuan dan jual Bajo.” Akibatnya penjualan terbatas. Pendapatan kami terbatas, jelas Ria.

Ria mengatakan Desa Tanjung Boleng berpotensi meningkatkan kesejahteraan nelayan karena memang teraliri listrik PLN.

Namun pasokan listrik tersebut hanya mencukupi kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Berdasarkan permasalahan yang ada, kami (Insight IM), Yayasan Insanbumi Mandiri, dan YIIM akhirnya memutuskan untuk mempraktikkan inovasi sosial dengan menyediakan kulkas mini bertenaga surya. Mesin pendingin dan mesin es yang lebih bertenaga memungkinkan para nelayan menyimpan hasil tangkapannya secara maksimal. gudang berpendingin secara bergantian akan menggunakan energi terbarukan dari panel surya, baterai, dan listrik konvensional,” jelasnya.

Dalam upaya memaksimalkan pelaksanaan program, berbagai kegiatan pelatihan dan pengembangan juga dilakukan, antara lain pelatihan pengolahan hasil laut, pelatihan kesehatan dan ketahanan keluarga, serta pelatihan literasi keuangan.

Ria mengatakan, dampak program Desa Insight Energy diperkirakan akan berdampak pada beberapa aspek penting, mulai dari keluarga, perekonomian, lingkungan hidup, dan pembangunan.

Ia mengatakan: “Dimulai dengan peningkatan kesejahteraan perikanan, penyediaan produk perikanan yang memenuhi permintaan pasar, dan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan energi ramah lingkungan, kami akan berkontribusi dalam memenuhi 17% bauran energi primer nasional pada tahun 2025.”

Selain program CSR di atas, Insight IM rutin melakukan program CSR pada topik sosial dan lingkungan dan telah berhasil menyelenggarakan program Youth for Climate Action Bandung.

Program ini berfokus pada pemberdayaan generasi muda untuk melakukan advokasi terhadap isu-isu perubahan iklim.

Bekerja sama dengan lebih dari 10 mitra organisasi pemuda, program ini telah berhasil menjangkau lebih dari 300 penerima manfaat langsung dan lebih dari 10.000 penerima manfaat tidak langsung.

Beberapa agenda penting, antara lain kampanye online, kompetisi, dan pelatihan advokasi pemuda mengenai perubahan iklim, berhasil memberikan inspirasi dan wawasan kepada para peserta.

Misalnya, Yulia (22 tahun) seorang penyandang tunanetra dengan low vision dan aktif terlibat dalam advokasi dan menyelenggarakan lokakarya untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan kelompok yang berisiko menghadapi bencana dan krisis iklim.

Meskipun awalnya kami khawatir, Yulia bekerja sama dengan tim untuk memastikan kami memiliki akses terhadap semua materi dan fasilitas.

Peserta lokakarya, termasuk guru SMA dan SLB serta pemangku kepentingan pemerintah, terinspirasi oleh Yulia dan menyadari pentingnya inklusi dan potensi penyandang disabilitas dalam mitigasi bencana dan krisis iklim. (kesepakatan/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *