Bulan Literasi Kripto Sukses Digelar Selama Mei 2024

saranginews.com, Jakarta – Asosiasi Pedagang Blockchain dan Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo – ABI) sukses melaksanakan Bulan Literasi Kripto (BLK) 2024 yang dilaksanakan pada tanggal 2 Mei hingga 30 Mei 2024.

Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Baca juga: Bappebti promosikan literasi kripto melalui BLK 2024, Upbit siap berikan dukungan penuh

Mengusung tema “Exploring Crypto for Tomorrow’s Landscape”, BLK 2024 berupaya membangun pemahaman yang kuat dan mendorong pemberdayaan teknologi di Indonesia sekaligus memastikan investasi yang aman dan nyaman untuk inklusi keuangan.

“Sebulan penuh kegiatan Bulan Literasi Kripto (BLK) 2024 telah selesai. “Lebih dari 10.000 peserta dari berbagai kota mengikuti acara ini, yang kami harap dapat membuka wawasan bagi mereka yang berminat berinvestasi aset kripto di Indonesia,” ujar Malikulkusno Utomo (Dimas), Sekretaris Jenderal Aspakrindo-ABI.

Baca juga: Kripto Jadi Pilihan Investasi Anak Muda

Rangkaian acara Bulan Literasi Kripto 2024

Pada bulan Mei, BLK menyelenggarakan serangkaian acara antara lain pembukaan, roadshow, dan penutupan.

Baca juga: Indodax dukung Bappebti bentuk komisi aset kripto

BLK memulai dengan serangkaian pidato utama bersama para pakar dan regulator industri kripto di Indonesia.

“Bulan Literasi Kripto yang dilaksanakan selama sebulan penuh ini diharapkan mampu mengembangkan industri kripto di Indonesia. Besar harapan kami, hal ini dapat mempererat kerja sama kita sebagai regulator BLK dan menjangkau masyarakat luas serta mendorong pertumbuhan transaksi aset kripto di Indonesia. Indonesia “Semoga acara ini membawa kemajuan bagi semua orang di Indonesia,” kata Plt Kepala Bappebti, Kasan, pada acara pembukaan BLK 2024 di Thamrin Nine Ballroom, Kamis (2/5).

Roadshow dilaksanakan pada 6 Mei hingga 29 Mei di sembilan kota yakni Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Jogjakarta, Surabaya, Malang, Medan, Bali, dan Balikpapan.

Setiap roadshow berhasil mengumpulkan antusiasme para peserta dan komunitas kripto lokal, mencapai lebih dari 300 pendaftaran peserta per kota.

Tokoh-tokoh penting di industri kripto Indonesia seperti Sekretaris Bapebti Olvi Andrianita dan akademisi kripto seperti Angga Andinata berpartisipasi sebagai panelis.

Statistik ini mengundang peserta untuk mendiskusikan mata uang kripto, masa depan keuangan berbasis blockchain, dan investasi kripto anti-FOMO secara mendalam.

Usai roadshow, BLK mengadakan acara penutupan yang menjadi puncak acara BLK 2024 pada tanggal 30 Mei 2024 di Sky Menara Imperium Lantai 8 yang dibuka untuk umum.

Pada acara penutupan, diadakan keynote session dengan tema “Empowering the New Generation through Crypto Investment” yang menghadirkan public figure yaitu Brandon Salim, Andy Senzaya (full-time trader dan content writer), industri level C (IndoDax dan Succeed ). .

Instansi pemerintah seperti Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Badan Perencanaan Pembangunan Nasional juga turut hadir dalam acara tersebut. Selain itu juga didukung oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) yang mana asosiasi tersebut merupakan anggota luar biasa (ALB) KADIN. Juga hadirnya self-regulatory Organization (SRO) aset kripto yaitu CFX Exchange, KKI, ICC, serta asosiasi mitra yaitu Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

“BLK 2024 yang dilaksanakan pada bulan ini dapat efektif dalam mengedukasi masyarakat mengenai perdagangan aset kripto. Meski BLK hari ini ditutup, namun literasi aset kripto belum berakhir dan harus terus digalakkan.”

Alvi juga mengingatkan bahwa pada dasarnya perdagangan aset kripto adalah high risk high return sehingga masyarakat harus memahami cara berdagang, memilih pedagang yang terdaftar di Bappebti, menggunakan dana tambahan, memperdagangkan koin yang ditentukan Bappebti, meneliti terlebih dahulu dan memahami dokumen kontrak serta risiko yang ada. dan tidak percaya dengan janji keuntungan yang tetap/tinggi.

BLK 2024 didukung oleh beberapa perusahaan kripto terkemuka di Indonesia dan dunia, seperti DCT Token, INDODAX, Tokocrypto, Liminal, Tether, serta organisasi seperti CFX, AFTECH dan KADIN.

Dalam kegiatan Bulan Literasi Kripto, Aspakrindo – ABI secara jujur ​​menggandeng berbagai media, dimana CoinDesk Indonesia dan Coinvestasi berperan sebagai media partner resmi pendukung BLK. Acara penutupan BLK akan disaksikan kembali di channel YouTube Aspakrindo – ABI.

*Acara ini dihadiri oleh mitra pemerintah seperti Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Reserse Kriminal Polri . (Bareskrim Polari), serta organisasi independen seperti Crypto Nusantara value exchange (CFX), Indonesia Commodity Clearing (KKI), Indonesia Coin Custodian (ICC), Tennet Depository dan berbagai media kripto nasional, serta anggota dari 65 asosiasi. .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *