Begini Cara Pemerintah Kurangi Penggunaan LPG di Masyarakat

saranginews.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) mendorong penggunaan gas bumi di kalangan masyarakat.

Salah satunya melalui program jaringan gas bumi rumah tangga (Jargas).

BACA JUGA: Penemuan reservoir gas yang sangat besar akan menjadi harapan baru bagi bisnis hilir gas bumi

Direktur Teknik dan Lingkungan Kementerian ESDM Noor Arifin Muhammad mengatakan pemanfaatan gas bumi pada program pipa gas dapat mengurangi penggunaan LPG.

“Produksi gas dalam negeri bisa kita manfaatkan untuk menggantikan LPG serta mengurangi impor dan subsidi,” ujarnya saat mengunjungi salah satu rumah warga penerima program Jargas di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (31/5).

BACA JUGA: Pastikan Kandungan Gas LPG Benar. Menteri Perdagangan dan Pertamina mengunjungi SPBE di Tanjung Priok

Ia menambahkan, program gas bumi bisa diperluas lebih dalam dan merambah, mengingat penggunaan gas bumi sejalan dengan peta transisi energi bersih yang dicanangkan pemerintah.

Selain itu, Noor mengatakan Direktorat Jenderal Migas akan selalu mendukung masalah keamanan proyek jaringan gas ini, baik dari pelanggan maupun perusahaan yang terlibat dalam proyek jaringan gas tersebut.

BACA JUGA: Libur panjang, Pertamina Patra Niaga Region Sumbagsel pastikan keamanan bahan bakar dan peralatan LPG

“Jaringan dan instalasinya selalu kami dukung dari segi keamanan dan operasionalnya agar aman dan terpercaya. Kami juga mendukung pembangun jaringan gas ini, dalam hal ini PGN,” ujarnya.

PT kini menjabat Direktur Infrastruktur dan Teknologi. PGN, Harry Budi Sidharta, mengatakan Jargas merupakan program yang memberikan energi alternatif terbaik kepada masyarakat karena ramah lingkungan dan terjangkau.

“Jargas juga merupakan sumber energi yang paling diandalkan ketersediaannya bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari,” ujarnya.

Harry mengatakan PGN menargetkan sebanyak 250.000 sambungan pipa gas per tahun, dengan target keseluruhan 4 juta sambungan dalam lima tahun ke depan.

“Kami berharap penyambungan pipa gas ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan masyarakat dapat menikmati energi bersih dengan harga terjangkau,” tutupnya. (Jepang)

BACA ARTIKEL LAGI… Polisi didesak untuk menindak tegas pemasok penipu harga elpiji 3kg Kendal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *