Bank Mandiri Dorong Ekspor Nasional lewat Trade Expo Indonesia 2024

saranginews.com, Jakarta – Bank Mandiri berkomitmen meningkatkan operasional ekspor-impor untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Tanah Air, salah satunya melalui Pameran Dagang Indonesia (TEI) 2024.

Sementara itu, TEI 2024 yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan diselenggarakan pada Oktober 2024 untuk mempromosikan produk-produk terbaik Indonesia ke pasar dunia.

Baca juga: Rayakan Hari Lanjut Usia Nasional, Bank Mandiri Taspen Jalani Operasi Katarak Bernama Mantap Melihat

Kementerian Perdagangan menargetkan potensi operasional pada Pameran Dagang Indonesia (TEI) ke-39 mencapai $15 miliar dari lebih dari 1.000 peserta pameran. Sedangkan targetnya pada tahun ini adalah 30.000.

Aland Rinny Pattity, Senior Vice President Bank Mandiri, mengatakan pihaknya akan terus berkontribusi memperkuat ekosistem perdagangan tanah air dalam mempromosikan Indonesia di kancah internasional.

Baca juga: NavaPark BSD & Bank Mandiri Gandeng Tawarkan Green KPR

Oleh karena itu, bank yang diberi kode nama Saham BMRI ini menyediakan berbagai layanan perbankan bagi para pedagang untuk melakukan pembiayaan komersial.

Bank Mandiri juga menjadi salah satu bank paling aktif di Indonesia dalam mengoptimalkan fungsi digital bagi nasabah grosir atau korporasi.

Hal ini terlihat dari Kopra by Mandiri Digital Super Platform yang sejak diluncurkan mendapat respon yang sangat baik dari pelanggan.

“Bank Mandiri menghadirkan Kopra grosir digital dengan platform Mandiri yang dapat diakses oleh pelaku ekspor-impor. Aland menjelaskan, “Kopra by Mandiri mendukung efisiensi bisnis dengan memberikan kemudahan navigasi dan transaksi nasabah mulai dari “Pembukaan rekening, pengecekan pertanyaan, akses e-commerce.” layanan, pengelolaan kas hingga layanan valuta asing.”

Bank Mandiri memberikan layanan di semua tingkatan bisnis nasabah, baik menggunakan metode pembayaran kredit, pengumpulan dokumen, atau rekening terbuka. Selain layanan perbankan, Mandiri memberikan solusi pembiayaan untuk seluruh aktivitas bisnis nasabah, mulai dari saat penyerahan barang (pre-delivery financing) pada saat pengiriman hingga pasca penyerahan (post-delivery financing).

Dengan Kopra by Mandiri, nasabah dapat memantau transaksi secara real-time, mengakses dan menerima pembiayaan dengan layanan di hari yang sama.

Sejalan dengan tren global yang semakin menonjol dan meningkatnya penggunaan metode pembayaran pinjaman non-surat, Bank Mandiri juga mempromosikan pembiayaan transaksi non-surat yang nilainya lebih dari penawaran Pembiayaan.

Bank Mandiri tidak hanya mendukung kegiatan ekspor tetapi juga memperkuat sektor logistik yang merupakan elemen penting dalam rantai pasok perdagangan. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah otomatisasi pembayaran tagihan layanan pelabuhan melalui layanan Kopra Auto Collection yang terintegrasi dengan sistem operator pelabuhan.

Layanan ini memberikan kemudahan bagi operator pelabuhan dan operator untuk membayar tagihan secara lancar dan real-time.

Logistik

Bank Mandiri tidak hanya mendukung kegiatan ekspor tetapi juga memperkuat sektor logistik yang merupakan elemen penting dalam rantai pasok perdagangan. Hal tersebut diwujudkan dengan hadirnya Mandiri Logistic Solutions, solusi operasional kegiatan pelabuhan dan logistik.

Selain itu, Bank Mandiri juga menawarkan solusi Port Kopra Dashboard untuk memantau kemudahan transaksi transportasi yang dilakukan melalui Kopra Auto Collection dan Port Community Card.

Bank Mandiri berharap dapat meningkatkan efisiensi dan kemudahan transaksi pembayaran di sektor logistik dan kepelabuhanan. Selain itu, Bank Mandiri juga menawarkan Port Community Card, solusi layanan pembayaran yang menggunakan kartu debit khusus.

Kartu ini hanya tersedia di area pelabuhan dan transportasi bandara, sehingga memudahkan integrasi pembayaran dan pembiayaan bagi merchant di sektor pelabuhan. Dengan solusi berbasis sektor ini, Bank Mandiri berharap dapat meningkatkan efisiensi dan kemudahan transaksi pembayaran di bidang logistik dan kepelabuhanan “Aman dan nyaman dalam platform yang efisien dan terintegrasi.”

Hingga Maret 2024, Kopra by Mandiri telah digunakan lebih dari 182 ribu pengguna dengan peningkatan frekuensi sebesar 19,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kopra by Mandiri berhasil meningkatkan operasional hingga mencapai Rp 19,1 triliun dan merupakan nilai transaksi digital tertinggi untuk bisnis grosir.

Fasilitas pendaftaran gratis dengan mengisi formulir elektronik di website kopra.bankmandiri.co.id. Kopra by Mandiri mendukung efisiensi perdagangan dengan memberikan kemudahan navigasi dan pemrosesan transaksi nasabah, mulai dari pembukaan rekening, review rekening, akses layanan e-commerce, cash management hingga layanan penukaran mata uang asing. Fasilitas pendaftaran gratis dengan mengisi formulir elektronik di kopra.bankmandiri.co.id (Jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *