Anies Baswedan Ajak Masyarakat Pelajari Pemikiran Bung Karno di Harlah Pancasila

saranginews.com, JAKARTA – Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat mengkaji kembali gagasan Visi Indonesia Soekarno dan para pendiri pemerintahan di hari lahirnya Pancasila.

Undangan tersebut disampaikan Anies melalui akun X miliknya, Sabtu (1/6).

BACA JUGA: Demokrat Pertimbangkan Nama-Nama Gubernur Daerah Khusus Jakarta, Herzaky: Anies Tak Termasuk

“Sekarang hari lahir Pancasila, kita manfaatkan untuk membaca kembali pemikiran Bung Karno, serta para pendiri negara lain, untuk merefleksikan gagasan-gagasan yang mereka pikirkan untuk negara besar ini, Selamat Hari Lahir Pancasila!” Ditulis oleh Anies.

Mantan calon nomor satu ini mengenang pidato Bung Karno pada rapat BPUPKI 1 Juni 1945.

BACA JUGA: Demokrat Pertimbangkan Sejumlah Nama Wakil Pemprov DKI, Anies Tak Masuk Incaran

Di sini Bung Karno menjelaskan empat asas negara. Bukan hanya nasionalisme atau nasionalisme Indonesia.

“Biasanya kita mengingat Bung Karno hanya karena sila pertamanya, yaitu Kebangsaan Indonesia, atau nasionalisme.” Namun nyatanya Bung Karno dalam pidatonya langsung meneruskan sila pertama tersebut dengan asas-asas yang lain, seperti: asas “internasionalisme atau humanisme, asas mufakat atau demokrasi, dan asas kesejahteraan masyarakat,” kenang Anies.

BACA JUGA: NasDem Punya Prioritas Lain untuk Pilkada Jakarta, Anies Ancam Tak Ada Jodoh

Berangkat dari pedoman tersebut, Anies menyimpulkan bahwa untuk menjaga peran Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia, memastikan pemerintah telah mencapai seluruh hak kemerdekaannya, hal ini juga merupakan perintah Pancasila.

“Mempertahankan dukungan prinsip-prinsip demokrasi juga merupakan amanat Pancasila. Memaksa negara untuk memberikan keadilan sosial dalam segala kebijakannya juga merupakan amanat Pancasila, amanat Bung Karno,” tegasnya. (dil/jpnn) Don’ Jangan lewatkan video ini yang dipilih oleh editor:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *