1.120 Personel Polisi Dikerahkan Kawal Aksi Bela Palestina di Depan Kedubes AS

saranginews.com – JAKARTA – Polisi mengawal Aksi Solidaritas untuk Palestina di depan Kedutaan Besar AS di Jalan Medan Merdeka Selatan, Sabtu (1/6).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kompol Susatyo Purnomo Condro mengatakan pihaknya siap memantau dan mengamankan Aksi Solidaritas untuk Palestina yang dipimpin warga dari berbagai wilayah di DKI Jakarta.

BACA: Ribuan orang membela Palestina di luar kedutaan AS, menyerukan boikot produk pro-Israel

Untuk mengawal kegiatan tersebut, Kombes Susatyo mengatakan, pihaknya mengerahkan 1.120 personel yang disebar di banyak tempat di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Komisaris Besar Susatyo di Jakarta, Sabtu (1/6), mengatakan: “Kami meminta para peserta Aksi Bela Palestina untuk memperhatikan hak-hak orang lain.”

BACA JUGA: Donald Trump bersumpah akan menghilangkan pendukung Palestina jika terpilih sebagai presiden

Selain itu, Susatyo mengatakan, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas namun akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. 

“Kalau tensi meningkat, Celan Merdeka Selatan akan kami tutup, arus lalu lintas akan kami alihkan.”

BACA JUGA: Pemimpin Fraksi PKS memuji Spanyol yang mengakui kemerdekaan Palestina

Oleh karena itu Kombes Susatyo meminta mereka yang akan melewati Kedutaan Besar AS di Jalan Merdeka Selatan untuk mencari jalur alternatif.

Susatyo juga menghimbau para peserta Aksi Solidaritas Palestina untuk mementingkan hak-hak orang lain dan rutin mengkomunikasikan opini publik.

“Harap ikuti aturan Undang-Undang Penerangan Masyarakat,” kata seorang petinggi Polri.

Ia juga melatih seluruh aparat keamanan untuk selalu bertindak persuasif, menghindari provokasi, bernegosiasi, melayani dan bersikap manusiawi.

Susatyo menginformasikan, tidak ada senjata yang diambil dari anggota yang ikut aksi tersebut.

“Perintah dan kendali bagi saya sebagai Kapamwil, tanpa tindakan pribadi lebih lanjut. Layani saudara-saudara kita yang mau menyampaikan pikirannya dengan jujur ​​dan berkemanusiaan,” ujarnya. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *