Terima Kunjungan Delegasi Amerika Latin dan Karibia, Pj Gubernur Jateng Dorong Peningkatan Ekspor & Investasi

saranginews.com – SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menerima delegasi negara-negara kawasan Amerika Latin dan Karibia di kantornya pada Kamis (30/5).

Grup tersebut mencakup CEO Kolombia Jenny Tatiana Rodriguez Espinosa, CEO Meksiko Ricardo Becerril, Duta Besar Chili Camila Eggers, CEO Promosi dan Pemasaran Brasil Lindolpho Antonio Cademartori de Almeida Designatele Arraujos, dan

BACA JUGA: Hendrar Prihadi mendaftar calon Gubernur Jateng lewat PDIP, berharap mendapat rekomendasi

“Kami baru saja melakukan pertemuan dengan Kementerian Luar Negeri India yang mendatangkan tim dari berbagai negara dari Amerika Latin dan Karibia. Mereka datang ke Semarang, Jawa Tengah, dalam rangka perjalanan bisnis dan perjalanan amal,” Nana Sudjana berkata kemudian. pertemuan. pertemuan

Nana mengungkapkan, topik utama yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah peluang bisnis di Jawa Tengah dan Amerika Latin serta Karibia, seperti perusahaan investasi dan perusahaan perdagangan.

BACA JUGA: Kemenpora dan Wagub Jateng Bahas Persiapan Kejuaraan Bulutangkis Sekolah ke-8 di Semarang

Menurut Nana, kerja sama di bidang perdagangan antara Jateng dengan beberapa negara sudah dimulai. Jawa Tengah selalu menghadirkan produk-produk terbaiknya ke negara-negara tersebut.

Neraca perdagangan ekspor-impor Jawa Tengah dengan negara-negara Amerika Latin dan Karibia menunjukkan tren positif. Ekspor nonmigas Jawa Tengah periode Januari-Maret 2024 mencapai $93.848.254 juta atau meningkat 9,22 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023 mencapai $85.926.073 juta.

BACA JUGA: Permintaan Investasi Makin Meningkat, 1 Pemberi Pinjaman Tawarkan Bukti Konsep

Banyak barang yang diekspor ke negara-negara tersebut, misalnya sepatu yang mampu bersaing di pasar Meksiko, Brazil, dan Peru.

Produk lainnya termasuk kayu atau produk kayu, kain bukan tenunan, barang dari kulit, perhiasan, serat buatan, serat sintetis, furnitur, penerangan rumah tangga, dan bahan kimia.

“Tahun ini semakin berkembang setiap tahunnya dan menunjukkan kualitas produk Jateng yang bagus dan mampu bersaing di pasar Amerika Latin dan Karibia,” kata Nana.

Melihat kemajuan perdagangan, Nana mendesak untuk memperkuat kerja sama yang ada di masa depan. Nana saat itu juga mengajak negara-negara seperti Kuba, Kolombia, Meksiko, Chile, dan Brazil untuk berinvestasi di Jawa Tengah.

“Manfaat dari kunjungan mereka adalah kita akan mempunyai kesempatan untuk mempromosikan undang-undang investasi dan iklim usaha yang baik.

Hal lain yang didorong oleh Nana Sudjana adalah kerja sama antar provinsi kembar dan kota kembar. Menurut Nana, kerja sama ini akan bermanfaat di berbagai sektor, tidak hanya dunia usaha dan industri.

“Kedepannya kami akan berusaha menciptakan sister Government dengan Meksiko. Kami berharap acara ini bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan kerja sama,” ujarnya.

Konjen India Adrian Wicaksono mengatakan kunjungan lima negara perwakilan Amerika Latin dan Karibia ini untuk melihat prospek kerja sama dengan Indonesia, khususnya Jawa Tengah.

Di bidang bisnis, hubungan Jawa Tengah dengan negara-negara Amerika Latin dan Karibia diharapkan semakin erat.

“Kami berharap dapat meningkatkan ekspor produk Jateng ke Amerika Latin dan Karibia. Para pengusaha juga bisa mengikuti konferensi bisnis yang akan digelar di Peru September mendatang,” ujarnya. (jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *