Skandal Piala Super Spanyol, Pengadilan Selidiki Dugaan Keterlibatan Gerard Pique

saranginews.com – JAKARTA – Mantan pemain Barcelona Gerard Pique terlibat dugaan skandal korupsi penyelenggaraan Piala Super Spanyol di Arab Saudi.

Pada Kamis (30/5), Pengadilan Spanyol menyelidiki dugaan keterlibatan Gerard Pique dalam skandal korupsi penyelenggara Piala Super Spanyol di Arab Saudi.

Baca Juga: 4 Hal yang Membuat Bek Barcelona Gerard Pique Pensiun, Nomor 3 Jadi Viral

Piala Super Spanyol pertama kali digelar di Arab Saudi pada tahun 2020.

Kompetisi kembali digelar di Spanyol setahun kemudian karena pandemi Covid-19.

Baca juga: Vietnam Hadapi Skandal Korupsi Perbankan, HMS Center: Mirip Kasus BLBI di Indonesia

Namun, tiga kompetisi berikutnya kembali digelar di negara Teluk yang kaya minyak itu.

Situs tersebut saat ini sedang menganalisis kontrak Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) yang ditandatangani sejak 2018, termasuk kontrak yang dibuat oleh mantan presiden RFEF Luis Rubiales yang menjadikan Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Super Spanyol.

Baca Juga: Real Madrid Kalahkan Barcelona di Final Piala Super, Ada 5 Gol

Cosmos, perusahaan milik Gerard Pique, menjadi perantara yang memuluskan persoalan kontrak kerja Piala Super Spanyol senilai 40 juta euro per tahun.

AFP melaporkan pada hari Jumat bahwa pengadilan mengatakan ada “kemungkinan pelanggaran hukum dengan implikasi kriminal” dalam kontrak tersebut, termasuk klausul untuk “menjamin pembayaran komisi sebesar empat juta euro per tahun kepada Cosmos”.

Pada bulan Maret, polisi Spanyol menggeledah 11 lokasi, termasuk markas RFEF (Federasi Sepak Bola Kerajaan Madrid) di Madrid dan rumah Rubiales di Granada sebagai bagian dari penyelidikan skandal korupsi. Rubiales terpaksa mengundurkan diri sebagai presiden RFEF.

Jaksa di Spanyol pada tahun 2022 membuka penyelidikan atas kesepakatan Piala Super setelah bocornya rekaman audio antara Rubiales dan Pique dengan obrolan tentang “komisi jutaan dolar”.

Di sisi lain, Rubiales membela diri dengan mengatakan membawa Piala Super Spanyol ke Arab Saudi merupakan kebijakan hukum.

Pique juga menegaskan bahwa “semuanya legal” dan dia “bangga” dengan kesepakatan itu.

Pique bermain dua kali bersama Barcelona di Piala Super Spanyol di Arab Saudi sebelum pensiun pada November 2022. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *