Siap-Siap, Keroncong Svaranusa 2024 Bakal Kembali Digelar di Pantura & Banyumas

saranginews.com, XAKARTA – Direktorat Film, Musik dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersiap menyambut Keroncong Svaranus 2024 “Bhinneka Tunggal Irama, Ora Keroncong Ora Kepenak”.

Direktur Film, Musik dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ahmad Mahendra mengatakan, kegiatan pertama rencananya akan dimulai pada Sabtu, 1 Juni 2024 di Kafe Terbatas, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Disowani Fery Farhati, Empu Keroncong Waldjinah titipkan Batik Wahyu Tumurun ke Anies

“Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Keroncong Svaranus yang ditujukan kepada komunitas penabuh keroncong di wilayah Pantai Utara (Pantura) serta Kabupaten Banyumas dan sekitarnya,” jelas Mahendra, dikutip Jumat (31/5). .

Sebelumnya, pagelaran perdana Keroncong Svaranus 2022 digelar di Kabupaten Magelang, Surakarta, dan Kota Semarang. Kemudian Keroncong Svaranusa 2023 digelar di Provinsi Kediri, Jawa Timur.

BACA JUGA: Fery Farhati Sowani Waldjinah solo dibawakan oleh Keroncong Music

Menurut Mahendra, musik keroncong telah lama hadir sebagai bagian dari khazanah seni bernilai tinggi yang tumbuh subur di masyarakat Indonesia.

Mahendra mengatakan keroncong sebagai bagian seni musik yang bersumber dari kearifan lokal juga telah memperkaya budaya nasional.

Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadvokasi kelanjutan pemeliharaan dan pengembangan industri musik keroncong.

“Tentu saja hal ini mendorong kreativitas dalam berkarya para seniman keroncong. Pemberdayaan seniman keroncong sangat penting untuk menjaga budaya tetap hidup dan mensejahterakannya,” kata Mahendra, Rabu (29/5).

Kemendikbud berharap terselenggaranya Keroncong Svaranus berhasil membangkitkan minat generasi muda untuk turut serta dalam penelitian seni musik keroncong. Melalui kreativitas generasi muda, kata Mahendra, inovasi seni keroncong akan tercipta sesuai perkembangan zaman.

Perlu diketahui, Keroncong Svaranusa 2024 terbagi dalam tiga tahap pelaksanaan yaitu Roadshow, Wirakarya dan Pertunjukan Orkestra. Pada tahap Wirakarya, akan dilakukan pengumpulan komunitas yang dikurasi dan berdiskusi dengan narasumber ahli selama lima hari untuk menghasilkan album yang berisi 5-8 lagu keroncong.

Puncak acara Keroncong Svaranus 2024 akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 Juni mendatang yang bertempat di Menara Teratai Kabupaten Banyumas. Berbagai kesenian tradisional daerah juga akan ditampilkan untuk puncak acara Keroncong Svaranus 2024.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengundang 300 penggiat keroncong dari berbagai komunitas di wilayah Tegal, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara, dan Banyumas untuk ikut memeriahkan acara Keroncong Svaranus 2024.

Kemendikbud juga memperkenalkan grup musik keroncong ternama Ndarboy Genk dan Keroncong Symphony Orchestra yang dipimpin komposer kawakan Puput Pramuditya (mcr10/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *