Resmikan Layanan Elektronik di Banten, Menteri AHY: Birokrasi Harus Semakin Responsif

saranginews.com, BANTEN – Menteri Pertanian dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Iudhoiono (AHI) meluncurkan penyelenggaraan pelayanan elektronik se-Provinsi Banten di Hotel Novotel Tangerang, Kamis (30/5) lalu. / 2024).

Dengan hadirnya layanan ini, delapan kantor pertanahan di setiap kabupaten/kota se-Provinsi Banten siap melayani masyarakat dengan sistem elektronik.

BACA JUGA: Nirina Zubir Terima 2 Sertifikat Tanah dari Menteri AHI

Menurut Menteri AHI, salah satu tanda melayani masyarakat adalah apakah warga merasa puas karena dilayani dengan baik, cepat, bertanggung jawab, dan transparan.

Penerapan layanan elektronik diyakini dapat mencapai hal tersebut dan memfasilitasi proses yang relatif kompleks.

BACA JUGA: Sertifikat Tanah Milik Warga Sunter Jai Diblokir BPN, Anggota DPRD Jakarta Minta Menteri AHI Turun Tangan

“Birokrasi yang kita bangun harus lebih bertanggung jawab, lebih membantu dan lebih profesional,” jelasnya.

Transformasi digital juga penting. Sebab sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Yokowi) dalam peluncuran GovTech Indonesia (INA Digital Portal) dan SPBE Summit 2024, kehadiran birokrasi harus melayani, tidak berbelit-belit dan tidak lamban.

BACA JUGA: Menteri AHI pastikan kesiapan hak atas tanah bagi investor

Oleh karena itu, yang menjadi landasannya adalah kepuasan, manfaat yang diterima, dan kemudahan beraktivitas masyarakat.

Ke depan semua pelayanan publik akan terintegrasi, termasuk layanan elektronik, itu akan menghindari banyak hal, kata politikus Partai Demokrat itu.

Sementara itu, Plt Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, dengan adanya layanan elektronik ke depan, warga Banten bisa mendapatkan keamanan hukum dengan mudah dan cepat.

“Tentu saja karena elektronik membantu kita mendapatkan segalanya,” ujarnya,

Dalam kesempatan tersebut hadir banyak pejabat tingkat menengah dan atas Kementerian ATR/BPN; kepala kantor wilayah BPN Provinsi Banten beserta jajarannya; Bupati/Walikota se-Banten; pangkat Forkopimda Provinsi Banten; serta jangkauan IPPAT se-Provinsi Banten. (jpnn) Dengar! Video Pilihan Editor:

BACA PASAL LAINNYA… Proklamasi 14 Kota Lengkap di 7 Provinsi, Menteri AHI Jelaskan Manfaatnya, Simak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *