Perlu Kerja Sama Pemerintah dan Swasta untuk Tanggulangi Tiga Kritis Termasuk Perubahan Iklim

saranginews.com, Jakarta – Direktur Pencemaran Lingkungan dan Pengendalian Hama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Reliantoro mengatakan dunia saat ini menghadapi tiga krisis.

Tiga krisis tersebut adalah perubahan iklim, keanekaragaman hayati, dan polusi.

Baca juga: Pemprov Sumsel dan Kedutaan Besar Kanada Perkuat Kemitraan, Dukung Perubahan Iklim

Sigit Reliantoro dalam pidatonya mewakili Menteri LHK Siti Nurbaya pada acara TOP CSR Awards 2024 di Jakarta, Rabu (29/5/2024), mengatakan bahwa mengakhiri krisis ini membutuhkan kolaborasi antara pemerintah dan swasta.

Menurut Segut, dunia saat ini sedang menghadapi tiga krisis, yakni. perubahan iklim, keanekaragaman hayati dan polusi yang perlu diselesaikan secara kolektif.

Baca juga: KLHK perkuat peran generasi muda dalam upaya konservasi air

Ia mengatakan bisnis memiliki peran penting yang dapat membawa kesejahteraan bagi dunia.

Oleh karena itu, sudah saatnya dunia usaha menjadi motor penggerak mengatasi ketiga krisis tersebut. Perlu adanya aksi nyata agar program CSR (Corporate Social Responsibilities) tidak hanya sekedar pencitraan, kata Sigit Reliantoro.

Baca Juga: Kejar target PCB gratis 2028, KLHK dan UNIDO siapkan proyek tata kelola Tahap 2

TOP CSR Award 2024 diikuti oleh 167 perusahaan dari berbagai sektor dengan tema “CSR dan ESG Innovation Programs for Sustainable Business Development”.

TOP CSR Awards merupakan program yang diadakan setiap tahun oleh Majalah Top Business yang bekerja sama dengan beberapa pihak untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas program CSR bagi perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Penilaian TOP CSR Awards 2024 didasarkan pada ketentuan ISO 26000, ESG (Environmental, Social Governance) dan strategi bisnis pemenang.

Pada ajang ini, PT Kideco Jaya Agung (Kideco), anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, kembali meraih penghargaan.

Tahun ini, Kideco meraih penghargaan antara lain Top Leader on CSR Commitment, Top CSR Awards Stars 5, dan Top CSR Platinum Trophy atas perolehan Top CSR Awards Stars 5 selama lima tahun berturut-turut.

Penghargaan tersebut diarahkan oleh Adra Emilza selaku Direktur Operasional Cedico.

Adra Emilza dalam sambutannya saat menerima penghargaan mengatakan, pihaknya berkomitmen memainkan perannya dalam perlindungan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat.

Menurut Edra, komitmen tersebut sejalan dengan strategi bisnis agar kinerja perusahaan dapat terus meningkat.

Ia mengatakan, penghargaan ini menjadi insentif bagi Kideco untuk terus berupaya menjaga lingkungan, menggerakkan perekonomian masyarakat sejalan dengan praktik bisnis perusahaan.

“Cedico tidak hanya menjalankan bisnis, tapi juga berkontribusi kepada masyarakat,” kata Adra Emilza (jum/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *