Lifree Luncurkan Popok 100% Bahan Bersirkulasi Menuju Nol Dekubitus

saranginews.com, JAKARTA – Merek popok dewasa Lifree milik PT Uni-Charm Indonesia Tbk meluncurkan popok dewasa pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menggunakan 100% bahan bernapas (breathable) “Lifree Adhesive Diapers”.

Peluncuran ini bertepatan dengan Hari Lanjut Usia Nasional, Rabu 29 Mei 2024.

BACA JUGA: Atasi Masalah Demam, Lifree Gandeng FKUI Lakukan Penelitian, Ini Hasilnya

Frekuensi cedera dekubitus di Indonesia lebih tinggi dibandingkan negara ASEAN lainnya yaitu mencapai 33%. Hal ini menjadikan luka baring sebagai masalah sosial di Indonesia.

Selain itu, Indonesia saat ini telah memasuki penuaan populasi dimana jumlah penduduk lanjut usia di Indonesia telah mencapai 11,75% dan diperkirakan akan terus meningkat hingga mencapai 20% dari total penduduk Indonesia pada tahun 2045.

BACA JUGA: Peresmian PLTS, PT Uni-Charm Indonesia umumkan pembelian REC

Hal ini tentunya menjadi salah satu tantangan dalam memberikan perawatan jangka panjang bagi lansia.

Direktur Kesehatan Usia Kerja dan Lansia Kementerian Kesehatan, Dr. Nida Rohmawati, mengatakan, bertepatan dengan perayaan Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2024 hari ini, tema kesehatan yang diangkat adalah “Lansia Sehat dan Berdaya Menuju Indonesia Emas”, menekankan pentingnya peran keluarga dan tenaga kesehatan dalam perawatan lansia khususnya. mereka yang membutuhkan pengobatan jangka panjang untuk mencegah luka tekan.

BACA JUGA: Gibran: Terima kasih Bu Puan dan Pimpinan PDIP

Upaya peningkatan kesehatan lansia akan menjadikan lansia lebih berdaya guna sehingga dapat berkontribusi terhadap kemajuan bangsa.

“Kementerian Kesehatan berupaya meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan dan meningkatkan peran keluarga melalui penerbitan berbagai panduan dan juknis, berbagai kegiatan orientasi dan seminar terkait perawatan jangka panjang lansia sebagai respon terhadap penuaan. Namun inisiatif ini tidak cukup jika hanya dilakukan oleh pemerintah saja, namun juga memerlukan dukungan pihak swasta, ujarnya.

Mengenai risiko terjadinya ulkus dekubitus, Dr. Rinadewi Astriningrum bahwa lansia yang istirahat di tempat tidur dan mobilitasnya terbatas memiliki risiko lebih tinggi terkena luka dekubitus karena terdapat tekanan pada area tubuh yang sama dalam jangka waktu yang lebih lama. waktu

Hal ini bisa menjadi lebih buruk jika Anda menggunakan popok dengan sirkulasi udara yang buruk, karena kulit menjadi terperangkap dan rentan terhadap iritasi.

Oleh karena itu, popok dengan sirkulasi udara yang baik efektif mencegah terjadinya luka tekan, ujarnya.

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) DKI Jakarta Jajang Rahmat Solihin mengatakan, lansia dengan luka dekubitus memerlukan perawatan lebih intensif dibandingkan mereka yang tidak mengalami masalah kulit.

“Orang lanjut usia sensitif terhadap luka dekubitus jika berada pada posisi tubuh yang sama dalam waktu lama, karena peredaran darah terhambat sehingga penting untuk mengubah posisi tubuh secara berkala. Selain itu, penting juga untuk memilih. popok yang memiliki sirkulasi udara yang baik, dan membasuh kulit sekitar area dekubitus secara lembut dengan air hangat. “Kami berharap dengan konferensi pers hari ini kita dapat mengedukasi lebih banyak perawat tentang cara perawatan cedera dekubitus yang benar,” ujarnya.

Direktur Pendidikan dan Penelitian RS Atmajaya, Dr. Eva Suryani mengatakan popok yang digunakan memiliki sirkulasi udara yang buruk sehingga keluarga pasien harus membeli salep untuk mengatasi gatal dan ruam.

Namun permasalahan kulit yang dialami konsumen belum teratasi. Popok berperekat Lifree dengan bahan 100% breathable dapat mengurangi permasalahan kulit dan beban perawatan, misalnya keluarga pasien tidak perlu lagi membeli produk perawatan kulit, beban perawatan berkurang dan kualitas hidup pasien meningkat,” ujarnya.

“Dari hasil pengujian di beberapa rumah sakit diperoleh hasil yang sangat baik dan dapat disimpulkan bahwa perawatan pasien dengan menggunakan Lifree Adhesive Diapers dengan bahan 100% breathable efektif mencegah luka tekan,” ujarnya.

Titiek Puspa selaku Brand Ambassador mengomentari popok baru Lifree berperekat dengan bahan 100% breathable, selain anti bocor juga memiliki sirkulasi yang baik sehingga tidak basah dan terasa lebih sejuk saat dipakai.

Direktur Utama PT Uni-Charm Indonesia Tbk Takumi Terakawa mengatakan, luka tekan sudah menjadi masalah sosial di Indonesia.

“Hal ini terbukti dari hasil riset yang kami lakukan, dimana permintaan konsumen terhadap popok yang tidak menimbulkan ruam cukup tinggi. Oleh karena itu, upaya kami akan terus berlanjut di tahun 2023 dengan melakukan riset bersama CRSU-FKUI untuk (0) zero pressure sores. , bertepatan dengan Hari “Tahun ini kami meluncurkan Lifree Adhesive Diapers yang terupdate, pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menggunakan 100% bahan breathable,” ujarnya.

“Popok berperekat Lifree dengan sirkulasi udara yang baik mencegah iritasi kulit dan kulit basah. Kami bertekad untuk terus mendukung hidup sehat dan bahagia para popok dan perawat, serta keluarganya,” ujar Takumi Terakawa (rhs/jpnn).

BACA ARTIKEL LAINNYA… 8 tahun buron, pembunuh Vina Cirebon ditangkap di kawasan ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *