ASN di Bangka Belitung Terancam Dipecat Apabila Tak Netral pada Pilkada 2024

saranginews.com, PANGKALPINANG – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA mengingatkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) di daerah untuk selalu bersikap netral dalam menjalankan seluruh tahapan pemilihan dewan daerah (pilkada) 2024.

“Kita harus melakukan pengawasan bersama untuk memastikan tidak ada lagi potensi pelanggaran netralitas ASN pada Pilkada 2024,” kata Plt Gubernur Pangkalpinang Babel Saprijal, Jumat (31 Mei).

Baca juga: RPP Kepemimpinan ASN Disetujui Tunggu Presiden Baru? Wisuda kehormatan akan ditunda

Menurut dia, temuan Badan Kepegawaian Negara (BKN) hingga 31 Januari 2024 menunjukkan adanya sejumlah pelanggaran disiplin netralitas ASN dalam berbagai bentuk.

Hal ini mencakup mendukung pasangan kandidat tertentu, menjadi anggota atau pengurus partai politik, terlibat dalam kegiatan yang mendukung keberpihakan, dan bahkan berpartisipasi sebagai aktivis.

BACA JUGA: Birokrat veteran Eman Suherman tampil sebagai calon terkuat di Pilkada Majalengka

Selain itu, jenis pelanggaran netralitas yang berupa kode etik antara lain memposting dukungan terhadap pasangan calon, menyukai pasangan calon, menulis komentar di media sosial, menyebarkan rekaman video pasangan calon tertentu, memasang spanduk, ikut serta. dalam manifesto untuk pasangan tertentu, dll.

“Setiap ASN harus netral. Jangan sampai Bawasla mengurusi hal ini sebelum mendapat rekomendasi dari panitia ASN. ASN harus berpikir berkali-kali untuk tidak netral karena sanksi yang paling buruk adalah pemecatan dan kehilangan pekerjaan. Rumah keluarga yang buruk.” Saya punya istri dan anak,” katanya.

Baca juga: Karyawan Google Dipecat Karena Protes Bela Palestina!

Dia mengingatkan seluruh ASN untuk tidak terlibat dalam politik nyata dan mempelajari semua aturan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama Pilkada 2024.

“Terkadang kita ikut euforia tapi lupa bahwa hal itu justru bisa menjatuhkannya atau membunuhnya,” ujarnya. (antara/jpnn) Simak juga video ini!

Baca artikel selengkapnya… Berita PP Manajemen ASN terbaru akhir Mei, masih seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *