Starlink Mulai Beroperasi di Indonesia, DPR RI Minta Pemerintah Bersikap Adil dan Konsisten

saranginews.com, JAKARTA – VI. Pansus DPR RI mendesak pemerintah bersikap adil dan konsisten terhadap perusahaan telekomunikasi dan internet terkait peluncuran operasional Starlink di Indonesia.

Jika pemerintah tidak menjamin keadilan dalam praktik bisnis, anggota DPR khawatir dalam dua hingga tiga tahun perusahaan telekomunikasi dan internet di Indonesia akan bangkrut.

BACA JUGA: Pemerataan akses internet, Elon Musk luncurkan Starlink di Puskesmas Denpasar

Selain itu, negara mungkin kehilangan kendali langsung atas infrastruktur telekomunikasi.

“Starlink sudah punya Network Operation Center (NOC)? Menkominfo bilang akan segera ajukan izin operasional ke Starlink di Indonesia. Kalau belum ada izin berarti pemerintah sudah buat. .Area persaingan sehat, jelas karena butuh, izinnya lengkap, baru bisa beroperasi,” kata anggota tim PDI Perjuangan Harris Torino dalam diskusi dengan pimpinan Telkom, Kamis (30/). 5/2024) Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

BACA JUGA: Telkomsat dan Starlink berkolaborasi dalam layanan segmen korporasi di Indonesia

Harris melanjutkan, jangan sampai BUMN dirugikan. Apalagi jika Starlink nanti mobile.

“Tentunya kita tidak akan menghalangi perkembangan teknologi dan persaingan. Namun, jika terjadi persaingan yang tidak seimbang, BUMN juga harus siap,” ujarnya.

BACA JUGA: APJATEL Harapkan Starlink Bisa Berfungsi di Area 3T

Di forum yang sama, Hermann Haeron, anggota Kelompok Demokrat, mengatakan pada tahap awal, Starlink tidak memberikan tekanan pada bisnisnya.

Namun jika terjadi persaingan bebas, tentu Starlink bisa mendominasi dan mengancam Telkom.

Pernyataan tegas pun dilontarkan Evita Nursanti. Menurutnya, Elon Musk tidak berinvestasi. Taipan Amerika itu hanya memanfaatkan pasar Indonesia untuk menjual Starlink.

“Saya bingung Starlink menerima keuntungan dari pemerintah tanpa mematuhi syarat dan aturan yang berlaku di Indonesia. Harusnya BUMN teriak dan imbau pemerintah bersikap adil dan Starlink harus patuhi syarat. Kurang dari Rp 100 ribu, dari umur Telkomsel .mungkin hanya lima tahun lagi,” katanya.

Anggota DPR dari Partai PDI-P itu mengingatkan pemerintah tidak hanya dari aspek komersial dan ekonomi. Namun keamanan nasional juga harus diutamakan.

Sebagai pemain di industri Internet, lanjut Evita, Starlink harus memenuhi kewajiban yang sama seperti perusahaan lain, mulai dari kewajiban mendirikan badan usaha yang berlokasi di Indonesia pada tingkat komponen internal (TKDN).

Kemudian aspek kemungkinan gangguan, pelaksanaan kebijakan perpajakan dan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), kewajiban melakukan quality of service (QoS), aspek perlindungan dan keamanan data, serta kedaulatan negara.

Seperti yang diketahui, Starlink resmi beroperasi di Indonesia. Elon Musk selaku pemilik simbolis membuka layanan perusahaannya di Bali pada 19 Mei 2024. (ray/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *