Soedjai Kartasasmita Terima Penghargaan Doktor Honoris Causa

saranginews.com, Sumatera Utara – Senin (27 Mei), Universitas Sumatera Utara (USU) menyambut baik penganugerahan gelar Doktor Kehormatan (Honoris Kosa) kepada Sodjai Kartasasmitha.

Penghargaan tersebut diberikan atas pemikiran, karya dan kontribusinya yang luar biasa di bidang perkebunan, khususnya dalam pengembangan perkebunan di Indonesia.

Baca Juga: Dua Mantan Pejabat Diduga, Grup PTPN Terlibat Pemberantasan Korupsi

Mohammad Abdul Ghani, Presiden Direktur Nusantara Plantation Holding PTPN III, mengatakan penghargaan tersebut sangat pantas diberikan kepada Begwan Plantation di Indonesia.

Menurutnya, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat ini, menjamin komitmen dan kesuksesan sejak awal karir hingga pensiun sehingga patut ditiru oleh pabrikan.

Baca Juga: Beatboxer muda Indonesia menempati posisi kedua pada kompetisi GBB 2023 U18 di Jepang

“Shri Sodjai Kartasamita adalah salah satu putra terbaik negeri ini. “Beliau menunjukkan kepedulian yang besar terhadap pengembangan sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan di industri perkebunan sehingga menjadikannya inspirasi besar bagi generasi muda produsen Indonesia yang ingin berkontribusi di sektor tersebut. ” dia berkata.

Kepedulian Sodjai Kartasamitti terhadap peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) tercermin dalam program pelatihan yang dilaksanakan bekerja sama dengan negara lain, yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan SDM mengenai pengelolaan perkebunan modern.

Baca Juga: Bappebati dan Pintu Jelaskan Tantangan dan Solusi Investasi Cryptocurrency Lokal

Selain itu, ia menginisiasi kerja sama untuk mendorong energi terbarukan dan memprioritaskan penggunaan ampas kelapa sawit sebagai bahan bakar pembangkit listrik ramah lingkungan, sehingga industri perkebunan menjadi lebih berkelanjutan dan efisien.

Dengan jaringan yang luas di dalam dan luar negeri, Sodjai menjadi pemain kunci dalam memfasilitasi kerja sama dan kolaborasi strategis untuk pengembangan industri perkebunan di Indonesia.

Keberadaannya tidak hanya memperluas akses terhadap teknologi dan sumber daya, namun juga membuka pintu pertukaran ide dan praktik terbaik dari berbagai negara.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pertanian periode 2000-2004 Bungaran Saraghih menyampaikan bahwa Sodjai Kartasasmita merupakan pionir di bidang perkebunan.

“Keberhasilan kelapa sawit kita karena sumber daya alam, sumber daya manusia, manajemen dan kepemimpinan yang baik dan merupakan salah satu pemain kuncinya,” ujarnya.

Ia merasa pantas diberikan gelar doktor kehormatan oleh Universitas Sumatera Utara.

Karena beliau banyak memberi contoh, tidak hanya dalam pengembangan perkebunan, tapi juga berkepribadian baik. Banyak anak Indonesia yang tidak seperti itu dan patut kita hargai, ujarnya (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *