SEMASA jadi Cara Pelindo untuk Meningkatkan Kesejahteraan Warga Tanjung Priok

saranginews.com, JAKARTA – Sekretaris Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) alias Pelindo Ardhy Wahyu Basuki menyatakan, perseroan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah operasinya.

Hal inilah yang melatarbelakangi Pelindo meluncurkan program “Sehat Maju Bersama (SEMASA) Kampung Bahari” di Kelurahan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

BACA JUGA: Pelindo lanjutkan program TJSL di Raja Ampat

Ardy menjelaskan, SEMASA bertujuan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan seperti sanitasi, pertumbuhan anak, serta kurangnya akses terhadap pendidikan dan pelatihan keterampilan.

“Sanitasi yang buruk, tingginya tingkat keterbelakangan dan rendahnya akses pendidikan menjadi permasalahan yang perlu diselesaikan, termasuk di Kampung Bahari. Melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), Pelindo mengambil langkah proaktif untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut,” ujarnya. di Jakarta, Rabu (29/05).

BACA JUGA: AP II & BSI Belajar dari Pelindo tentang Pengelolaan Desa Wisata Penglipuran

Pelindo berkomitmen meningkatkan kualitas hidup masyarakat Tanjung Priok melalui program Kampung Bahari SEMASA.

Upaya tersebut dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan Pelindo, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya, kata Ardy.

Program SEMASA mencakup tiga bidang utama, yaitu lingkungan hidup, kesehatan dan pendidikan. Di bidang lingkungan hidup, revitalisasi MCK berbasis bioseptic tank akan membantu menyelesaikan permasalahan sanitasi.

Sistem ini dinilai ramah lingkungan dan efektif dalam mendaur ulang sampah, mencegah pencemaran air dan tanah, serta mencegah penyebaran penyakit.

Ardy menambahkan, kerja sama dengan petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) akan memastikan fasilitas berjalan dengan baik sehingga masyarakat dapat menikmati lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Di bidang kesehatan, program BUNDA SEHATI bertujuan untuk menurunkan stunting dengan memberikan dukungan nutrisi dan edukasi kepada ibu yang memiliki bayi.

“Acaranya antara lain kelas memasak sehat, lomba memasak, dan pembagian kupon untuk membeli makanan bergizi,” kata Ardy.

Ardy kemudian mengatakan, di bidang pendidikan, Pelindo mendukung program pelatihan mengemudi kendaraan industri bersertifikat, antara lain mengemudi forklift, crane, dan mobil.

Menurut Ardy, tujuan program tersebut adalah untuk meningkatkan keterampilan masyarakat agar dapat mengakses pekerjaan yang lebih baik.

Pelindo optimis pelaksanaan berbagai program TJSL akan membawa perubahan positif bagi masyarakat Tanjung Priok, khususnya Lampung Bahari.

Kepala Desa Tanjung Priok Teguh Subroto mengatakan, program IBU SEHAT memberikan dukungan penting kepada para ibu untuk meningkatkan gizi anak.

“Semoga dengan pelatihan ini masyarakat Tanjung Priok dapat meningkatkan keterampilannya dan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di industri yang membutuhkan keterampilan khusus,” pungkas Ardy (mcr10/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *