Peringati HUT ke-30 Fikom, UMB Gelar Berbagai Kegiatan Termasuk Pembukaan Program Studi S3 Ilmu Komunikasi

saranginews.com, JAKARTA – Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Mercu Buana (UMB) merayakan hari jadinya yang ke-30 pada hari ini, Kamis (30/5/2024).

Peringatan tahun ini mengusung tema “Membangun Kapasitas Komunikasi Menuju Indonesia Emas 2045”.

BACA JUGA: UMB, ZBTII dan perusahaan terkemuka Tiongkok berkolaborasi mengembangkan pendidikan langsung

Dekan Fikom UMB Profesor Ahmad Mulyana mengatakan, untuk menyukseskan acara ini, pihaknya akan menggelar beberapa acara mulai 19 Mei 2024. Di antaranya agenda seru yang menghadirkan guru, siswa, dan mantan mahasiswa dengan peserta lebih dari 400 orang.

“Kemudian pada tanggal 27 hingga 29 Mei 2024 akan diadakan kuliah umum, pameran karya, dan jadwal pemutaran film di kampus Meruya dan Pejaten,” kata Profesor Ahmad Mulyana dalam keterangannya, Rabu (29/5).

BACA JUGA: Wisuda UMB 2024, Rektor Berikan 3 Pesan Penting Kepemimpinan

Lebih lanjut, Profesor Ahmad Mulyana mengatakan, puncak peringatan pada 30 Mei 2024 antara lain adalah penerbitan buku bab dan buku konferensi, Penghargaan Prestasi Tridharma, kuliah umum, dan pembebasan purnabakti.

“Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama, keutuhan dan keharmonisan seluruh civitas akademika Universitas Mercu Buana untuk membangun Fikom yang lebih maju,” ujar Profesor Ahmad Mulyana.

BACA JUGA: Hadir Sebagai Amicus Curiae, Ini Permintaan Ketua ILUNI UMB ke Mahkamah Konstitusi

Menurut Prof. Mulyana, Fikom UMB mencoba memahami dan menciptakan ide-ide kreatif bagi mahasiswa dan guru.

Realitas siber telah membentuk budaya siber, dan komunitas online yang terbentuk dari kepentingan bersama telah menjadi ruang kolaborasi, pembelajaran, dan berbagi informasi yang memengaruhi identitas dan hubungan sosial di dunia siber.

Namun dengan transformasi ini, kita juga melihat dialektika yang mempengaruhi teori-teori komunikasi yang ada.

“Dengan ini saya yakin Fikom dapat membangun dan mengembangkan kapasitas komunikasi menuju Indonesia Emas 2045,” kata Profesor Mulyana.

Lebih lanjut Profesor Mulyana menjelaskan, pada puncak acara peringatan ini, beliau akan menyerahkan kenang-kenangan kepada para purnawirawan guru dan guru besar.

Mereka kemudian mengukir tumpeng sebagai simbol bertambahnya usia di Fikom UMB, sekaligus berdoa bersama.

Acara selanjutnya adalah peluncuran buku dan bab buku yang ditulis oleh guru-guru Fikom.

Untuk memeriahkan acara ini juga disusun kalender konferensi publik yang dibawakan oleh Prof. Nur Kholisoh, M.Si dengan topik “Paradoks Media Sosial: Pornografi dan Kekerasan Seksual di Era Digital”.

Profesor Mulyana mengatakan pengukuhan tahun ini mempunyai ide tersendiri karena merupakan saat yang tepat ketika Surat Perintah Pembukaan Program Penelitian Doktor Ilmu Komunikasi di UMB dikeluarkan.

Inilah kado terindah bagi Fikom di hari ulang tahunnya yang ke 30.

Ketua Program Penelitian PhD Ilmu Komunikasi, Dr. Heri Budianto, M.Si menyampaikan bahwa program studi doktor Fikom merupakan hasil dari tantangan bisnis, “terciptanya program studi doktor juga menjawab tantangan bisnis dan akademik yang membutuhkan cara pandang baru terkait kewirausahaan digital yang relevan dengan kebutuhan dunia usaha. dan dunia bisnis.

Hal ini juga menjawab tantangan kebutuhan Generasi Z yang NEET (Not in Employment, Education and Training).

“ProdiS3 keluar sebagai kelanjutan dari program studi sarjana dan pascasarjana,” kata Heri.

Ketua Penyelenggara Pengukuhan Fikom ke-30, Andi Pajolloi Bate, berharap Pengukuhan Fikom ke-30 dapat meningkatkan kapasitas menuju Indonesia Emas sesuai tema.

“Kami berharap acara ini menjadi langkah baik bagi Fikom untuk menunjukkan kemampuan kerjasama dan komunikasi secara online sesuai tema peluncuran Fikom UMB,” kata Andi (jum/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *