Mengapa Sulit Berhenti Merokok? Kok, Minggu Keempat Kambuh Lagi?

saranginews.com – Jakarta – Mengapa berhenti merokok begitu sulit? Sulitnya berhenti merokok disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada tubuh dan pikiran manusia.

Hal ini diungkapkan oleh pakar kesehatan jiwa Sp. 2 Ikatan Alumni FKUI Tahun 2023 Staf Psikologi (KSM) Fitri Dona Nainggolan.

Baca juga: Merokok Dinilai Efektif Membantu Perokok Dewasa Mengubah Kebiasaan Merokoknya

“Mengapa sulit berhenti merokok? Donna berkata, “Sejak perokok pertama merasa nyaman untuk berhenti, dia mulai merasa rileks ketika dia tidak merokok. Mereka sederhana dan mudah marah.” Daring, Senin (27/5).

Jadi Donna mengatakan minggu keempat adalah saat banyak orang kembali mencoba untuk berhenti.

Baca juga: Profesor UI Sebut Kebanyakan Kanker Disebabkan oleh Rokok.

Dona menjelaskan, berdasarkan penelitian, 75 persen orang yang mencoba berhenti merokok mengalami kelegaan pada minggu keempat.

“Saat orang berhenti merokok, banyak sekali masalahnya, bukan dengan sendirinya, tapi dengan sendirinya,” ujarnya Juga dari lingkungan. Menurut penelitian, 75% orang berhenti merokok lagi di minggu keempat.

Baca juga: Guna Kurangi Prevalensi Merokok, Asosiasi Dorong Penggunaan Produk Tembakau.

Donna menjelaskan, pikiran atau perasaan yang ingin dibakar bisa berubah menjadi hal positif lainnya, seperti makan sehat, berolahraga, atau berbincang dengan keluarga dan teman.

Namun jika Anda mengalami kendala saat mencoba berhenti merokok, Anda bisa berkonsultasi dengan psikiater di klinik kecanduan.

Nah faktor penyebab merokok bisa berasal dari dalam diri sendiri seperti kebiasaan merokok saat sakit atau dalam situasi tertentu dan dari lingkungan seperti teman merokok bersama.

Dona mengatakan bahwa untuk berhenti merokok secara efektif, penting bagi seseorang untuk mengetahui alasan-alasan ini dan menetapkan tujuan.

Dengan memahami penyebab merokok, seseorang dapat dengan mudah mengatasi masalah tersebut dan berhasil berhenti merokok. (antara / jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *