Ini Upaya Kemnaker untuk Terus Memperkuat Penerapan K3 di Tempat Kerja

saranginews.com, Jakarta – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus berupaya meningkatkan penerapan dan kepatuhan peraturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja.

Salah satu inisiatif yang dilakukan Kementerian HRD adalah dengan meningkatkan kapasitas tenaga profesional K3 di dunia kerja.

Baca Juga: Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi Temui Direktur APO Fiji, Bahas Soal Penting Ini

Fachrurozi, Plt Dirjen Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan, menegaskan peran ahli K3 sangat penting karena bertugas mengawasi dan memastikan pelaksanaan K3 sesuai dengan ketentuan undang-undang.

Oleh karena itu, dengan meningkatkan kapasitas, para profesional K3 dapat memperoleh wawasan baru mengenai peraturan terkait K3, penegakan hukum, dan praktik terbaik.

Baca Juga: Menteri HRD Minta Dokumen Rencana K3 Nasional 2024-2024 Bisa Dongkrak Kemajuan IDA

“Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mencapai rencana strategis Direktorat SDM dan K3, namun juga penting dilakukan sebagai sarana komunikasi dan edukasi bagi para profesional K3 untuk menambah wawasan K3.” kata Fachrurozi saat membuka kegiatan pengembangan profesi K3 tahun 2024 di Jakarta, Kamis (30/5).

Ia pun yakin melalui kegiatan ini, K3 bisa lebih terimplementasi dimana-mana.

Baca juga: Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansya berharap bisa menghidupkan kembali Balai K3 Samarinda untuk menyikapi permasalahan ketenagakerjaan

Fachrurozi mengatakan, budidaya K3 masih sulit dilakukan dalam dunia komersial dan industri di Indonesia.

Oleh karena itu, berbagai upaya perlu terus dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran semua pihak dalam penerapan peraturan ketenagakerjaan termasuk budaya K3.

“Dengan menerapkan budaya K3 yang baik, sehat dan aman, kita dapat menghindarkan diri dari risiko kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja, yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja dan menciptakan lapangan kerja yang layak,” ujarnya.

Inisiatif pengembangan profesi K3 tahun 2024 menyasar 16.230 profesional K3 dan 12.173 profesional K3 yang berkinerja tinggi, tambah Direktur Pengembangan K3 Enterprise Heri Sudanto.

Hingga Maret 2024, pihaknya melaksanakan peningkatan kapasitas spesialis K3 menjadi 1.386 spesialis K3 dan 923 spesialis K3 berkinerja tinggi. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *