Iduladha Berkah, Berkurban Makin Mudah Bareng BRImo

saranginews.com, JAKARTA – Selain menunaikan ibadah haji bagi yang mampu, kurban merupakan salah satu amalan yang paling dianjurkan saat Idul Adha.

Tata cara kurban juga tertulis dalam Al-Koutsar ayat 1-2 Al-Qur’an yang berbunyi: 

BACA JUGA: Spread KUR BRI tembus Rp 59,96 triliun pada akhir April 2024

“Memang kami telah memberimu banyak hadiah, jadi berdoalah kepada Rebbe-mu dan berikan persembahan.”

Berkurban merupakan sunnah bagi umat islam, maksudnya sunah yang dikuatkan bagi yang mampu. Kurban merupakan salah satu ibadah bagi umat Islam, dan merupakan pahala bagi yang melakukannya. 

BACA JUGA: Transaksi Debit BRI di Arab Saudi Lebih Mudah, Handig Haji

Selain itu, pengorbanan diri juga mempunyai manfaat untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Lalu apa keutamaan pengorbanan?

6 Keutamaan Pengorbanan

BACA JUGA: BRI Komitmen Deposit Dana Margin Hancurkan Masa Depan Indonesia

1. Landasan yang paling dicintai Allah SWT di hari raya Idul Adha

Berkurban merupakan amalan yang paling disukai Allah pada saat Hari Raya Kurban, hal ini ditegaskan dalam hadis riwayat Aisyah r.a. bahwa Rasulullah bersabda:

“Tidak ada anak Adam yang melakukan amalan yang lebih dicintai Allah daripada mengalirnya darah (hewan kurban) pada hari Nahar (Idul Kurban). Sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat dengan membawa tanduk, kulit, dan bulunya. . “Sesungguhnya darah itu sampai kepada Allah SWT sebelum tertumpah ke tanah, maka hendaklah kamu bergembira.”

2. Media untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT

Tuhan Yang Maha Esa telah berjanji bahwa pengorbanan dengan niat dan takwa akan menjadi amal terbaik. Sebagaimana tercantum dalam surat Al-Qur’an ayat 27:

“Sesungguhnya Allah hanya menerima (pengorbanan) orang-orang yang beribadah kepada Allah.” 

3. Media untuk mendapatkan loyalitas

Berkurban tidak hanya sekedar menyembelih seekor kambing, sapi, atau unta kemudian dibagikan kepada masyarakat setempat, namun merupakan wujud nyata penguatan keimanan kepada Allah SWT. 

“Daging unta dan darahnya tidak dapat mencapai (ridha) Allah, namun ketakwaanmu dapat mencapainya.” (Q.S. Al-Hajj : 37)

4. Media untuk memperbanyak perbuatan baik

Salah satu manfaat kurban lainnya adalah dapat menambah amal shaleh guna menjamin kehidupan di akhirat. Allah memberikan banyak pahala kepada setiap muslim yang menggunakan sebagian hartanya untuk berkurban.

5. Menyembelih hewan sebagai saksi pada hari kiamat

Rasulullah juga bersabda dalam hadis riwayat Eyyse bahwa hewan apa pun yang dijadikan kurban akan menjadi saksi di hari akhir. 

6. Suatu bentuk aksi kemanusiaan

Pelayanan kurban tidak hanya berguna bagi orang yang memberikan kurban, namun dapat membantu masyarakat miskin dari kelaparan. Daging yang dibagikan juga dapat menyambung rasa cinta, karena penerima daging kurban dapat ikut menikmati rezeki dan keberkahan yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada setiap hambanya.

Idul Adha penuh berkah bersama BRImo

Kemajuan teknologi telah membuka beberapa cara yang memudahkan umat Islam dalam berkurban.

Tak perlu lagi mencari dan membeli hewan kurban, kini Anda bisa dengan mudah ikut berkurban dari rumah bersama BRImo. 

Hanya bermodalkan smartphone, koneksi internet, dan aplikasi BRImo, Anda sudah bisa berkontribusi dalam persembahan dengan fungsi transfer atau donasi.

Berikut alur pembayaran korban di BRImo: Pengguna melakukan transaksi korban dengan cara mentransfer dan mendonasikan informasi Brimo seperti pengaturan laporan melalui WhatsApp atau email.

BRImo juga bermitra dengan lembaga pengelola hibah sehingga Anda bisa berdonasi dari mana saja.

Mereka semua? Ayo lihat organisasi-organisasinya dan bagaimana Anda dapat berdonasi di bawah ini.

1. PENGETAHUAN

BAZNAS, Anda dapat memilih besaran kurban sesuai kapasitas sebagai berikut: Domba kurban 3 juta ekor sapi 21 juta kurban Rekening kurban BAZNAS di BRI 0504.01 000425.30.5 atas nama Departemen Amil Zakat. Kemudian konfirmasi Baznas KurbanOnline melalui email [email protected] atau link WhatsApp di https://wa.me/6281188821818. 

2. Yayasan Baitul Mal – YBM BRILIAN

YBM BRILiaN juga telah menyiapkan standarisasi harga hewan potong sebagai berikut: Domba/kambing kurban standar Rp 2,4 juta Domba/kambing kurban medium 2,82 juta Domba/kambing kurban premium Rp 3,12 juta Domba/kambing kurban. Kurban 1/7 dari 2,4 juta ekor sapi standar 

Pembayaran korban dapat ditransfer ke rekening korban YBM BRILiaN atas nama Yayasan Baitul Maal BRILiaN dengan BRI 0206.01.011618.30.5. Kemudian konfirmasi Kurban Online YBM BRILiaN melalui email [email protected] atau Whatspp Sazki (Teman Muzaki) 082112444549. 

3. Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa telah menyediakan standar harga hewan kurban yaitu: Domba/kambing standar (23-25 ​​kg) Rp 2.050.000 Domba/kambing medium (26-28 kg) Rp 2,5 juta Domba/kambing premium (28 – 33 kg) (250-25 kg) Rp 300 kg) Rp 14.350.000 1/7 ga (250-300 kg) Rp 2.050.000 Transaksi penawaran dapat dilakukan melalui fungsi transfer BRImo ke rekening Dompet Dhuafa di 0382-01-0000-13, konfirmasi nomor WhatsApp 6.3 Dompet Dhuafa (08111 544 488) dengan mengisi form : Nama donatur, nama korban, jenis korban, nomor handphone, email dan disertakan bukti transaksi. 

Klien/Pelanggan menerima notifikasi pertama mengenai lokasi penyembelihan melalui WhatsApp atau SMS dan menerima notifikasi berikutnya ketika hewan yang disembelih telah disembelih. Dompet Dhuafa juga akan mengirimkan laporan korban dan sertifikat kepada Pelanggan / Pelanggan, dalam waktu maksimal 45 hari kerja setelah hewan korban disembelih.

Selain BAZNAS, YBM BRILiaN dan Dompet Dhuafa, pembelian donasi dapat dilakukan melalui lembaga atau masjid yang melakukan pembayaran menggunakan fungsi Donasi di BRImo atau melalui transfer BRI.

Kini berdonasi dimana saja semakin mudah dengan BRImo. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *