DXI 2024 Resmi Dibuka, Kemenparekraf Ingin Kembangkan Olahraga Ekstrem di Indonesia

saranginews.com, Jakarta Pusat – Pameran Deep and Extreme Indonesia (TXI) 2024 yang digelar Kamis hingga Minggu (30 Mei – 2 Juni) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan resmi dibuka.

Mengusung tema “Tomorrow’s Edge: Dive into the Depths of Extreme Sports”, pameran olahraga ekstrim, selam dan olahraga air ini tidak hanya memperkenalkan dan memperluas industri olahraga ekstrim lainnya, namun juga membuka pasar baru untuk memperkuat industri pariwisata di Indonesia.

Baca juga: DXI 2024 segera digelar di Jakarta untuk mendongkrak sektor pariwisata Indonesia

Vincentius Zemadu, Deputi Bidang Produk dan Penyelenggara Acara Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI (Kemanbaregraf), mengatakan pameran intensif ini didukung banyak pihak.

Ia berharap akan banyak lagi event aksi alam serupa, khususnya olahraga dan permainan.

Baca Juga: Sepatu Alas Kaki QNBR Sangat Cocok Untuk Olahraga Ekstrim

“Kami di Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif sangat mendukung langkah ini. Atas izin Tuhan Yang Maha Esa, acara ini saya luncurkan secara resmi,” kata Vincentius di Jakarta.

Dijelaskannya, keindahan alam Indonesia sangat digemari dan banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke negara asalnya.

Baca Juga: Judit Nemeth-Bach, Duta Olahraga Ekstrim Termuda Hongaria

Selain itu, kata dia, Indonesia mempunyai garis pantai terpanjang kedua di dunia.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif fokus pada pengembangan hasil laut.

“Kita perlu kerja keras agar bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Indonesia. Kita coba promosikan terus. Kita harus cepat beradaptasi, baik pasar maupun produknya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Kemenparekraf saat ini sedang mengembangkan beberapa proyek terkait alam, termasuk olahraga ekstrim, yang akan terus dikembangkan lebih lanjut.

“Untuk pertandingan serius ini kita tidak boleh hanya bermain di rumah saja, kalau bisa kita mengundang orang dari luar. Karena kita belum punya juara untuk olahraga ekstrim ini,” ujarnya.

Sementara itu, Chairman dan Direktur Dyandra Event Solution Micheal Bayu A Suamrijanto mengatakan, pihaknya berkomitmen menjadi bagian dari industri pariwisata dan pedesaan yang serius.

Dikatakannya, tidak hanya alat selam saja, kendaraan roda dua juga ikut serta dalam pameran ini.

“Sekarang kendaraan roda dua lebih banyak karena itu bagian dari ekosistem kita yang intensif,” ujarnya.

Pameran ini menawarkan berbagai kegiatan seperti selancar, memancing, stand up paddling, kayak, bersepeda gunung elektronik, dan petualangan motor.

Tiket pameran DXI 2024 dapat dibeli mulai 15 Mei 2024 melalui situs resminya. (dd/ypnn)

Baca artikel lainnya… Sandy ajak pelaku kreatif daftar skema unggulan Kemenparekraf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *