Apple dan OpenAI Sepakat Bawa ChatGPT ke iOS 18

saranginews.com, Jakarta – Apple dan OpenAI sepakat untuk menghadirkan ChatGPT ke iOS 18 dan sistem operasi lainnya pada tahun 2024.

Apple ingin menghadirkan AI ke platformnya, tetapi Apple berfokus pada model perangkat yang menjaga privasi dibandingkan model bahasa skala besar (LLM) yang digunakan oleh pesaingnya.

Baca juga: Apple Minta Maaf Usai Protes Iklan Terbaru iPad Pro

Itu sebabnya perusahaan bermitra dengan Google dan Microsoft untuk menghadirkan LLM mereka ke iPhone.

Menurut laporan, kesepakatan akhirnya tercapai antara OpenAI dan Apple.

Baca juga: Bocoran Fitur Menarik iOS 18

Detail kesepakatannya belum jelas, namun teknologi yang digunakan untuk ChatGPT kemungkinan akan dapat diakses oleh pengguna Apple, khususnya melalui Siri.

Perjanjian dengan OpenAI tidak menutup kemungkinan kerjasama dengan pemain lain di industri AI.

Baca juga: Sistem operasi iOS 18 terbaru diharapkan bisa mendongkrak penjualan iPhone 16

Apple dikabarkan sedang berupaya membangun AI App Store, sehingga OpenAI bisa menjadi salah satu dari beberapa perusahaan yang mengisi toko tersebut.

Seperti yang dicatat dalam laporan tersebut, John Gianandrea, wakil presiden senior Apple untuk pembelajaran mesin dan strategi AI, mengatakan dalam email pada tahun 2023 bahwa “hal terakhir yang dibutuhkan orang adalah chatbot lain.”, politik internal kemungkinan besar mengarah pada kompromi.

Jadi mungkin Apple tidak peduli dengan LLM sisi server, atau mungkin sudah terlambat dan belum siap.

Bagaimanapun, jika laporan ini benar, kemungkinan besar Apple tidak akan mengumumkan LLM buatan Apple untuk menggantikan Siri.

Sebagai gantinya, kami menggunakan produk server seperti ChatGPT untuk menjawab pertanyaan pengguna.

Misalnya, sekarang saat Anda menanyakan sesuatu kepada Siri yang perlu Anda cari, Siri menggunakan pengenal anonim untuk mengirimkan permintaan pencarian ke Google.

OpenAI dapat menawarkan opsi serupa kepada pengguna, dengan pertanyaan yang memerlukan AI untuk melindungi privasi dan meneruskan informasi ke ChatGPT sedemikian rupa sehingga Siri dapat membaca dan memberikan jawaban yang bermanfaat. (appleinsider/semut/jpnn)

Baca artikel lainnya… Apple menunda pengembangan sistem operasi iPhone iOS 18 terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *