Wapres Ingatkan Jurnalistik Investigasi Hak Publik

saranginews.com – JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan, mengusut pemberitaan merupakan hak masyarakat.

Dia mengatakan bahwa dia berbicara tentang beberapa masalah dalam UU Penyiaran, yang melarang penyiaran berita investigasi.

BACA JUGA: RUU Penyiaran dinilai akan mengekang kebebasan pers

Wapres pertama mengatakan kebebasan pers yang ditegaskan dalam UU Pers tidak terpengaruh dengan RUU Perubahan Kedua UU No. 32 Tahun 2002 tentang audiovisual.

“Persoalan kebebasan pers dalam undang-undang yang berlaku saat ini penting untuk tidak dihindari,” kata Wapres usai meninjau pintu keluar jamaah haji Aceh di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh, Rabu (29/5).

BACA JUGA: Mahasiswa UMY Respons Kuat RUU Penyiaran!

Wakil Perdana Menteri meminta agar pembahasan UU Penyiaran melibatkan seluruh pihak yang berkepentingan agar dapat menerima seluruh kontribusinya.

Wapres juga meminta DPR tidak terburu-buru dalam memutuskan pengesahan RUU Penyiaran.

BACA LEBIH LANJUT: Greater Solo Broadcasting Union bergerak menolak RUU penyiaran

Wapres juga menyinggung salah satu isu kontroversial dalam UU Penyiaran, yaitu larangan siaran kepada media.

Menurut Wapres, investigasi media adalah proses kebijakan publik yang harus diberi kesempatan, namun harus dilakukan dengan aturan yang harus disepakati.

“Tetapi harus ada undang-undang yang menyepakati cara melakukan hal tersebut, termasuk penyidikannya,” ujarnya.

Namun pemerintah merekomendasikan reformasi yang sebaiknya dilakukan DPR, sebagai lembaga penggagas UU Penyiaran, agar tidak menghilangkan kebebasan pers.

Beberapa waktu lalu, Ketua Badan Legislatif RPD RI Supratman Andi Agtas mengungkapkan pihaknya menghentikan perdebatan RUU Perubahan Kedua UU No. 32 Tahun 2002 tentang audiovisual.

Supratman yang ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/5) mengatakan, alasan terhentinya pembahasan revisi UU Penyiaran karena organisasinya tidak ingin kebebasan media terganggu. . (Antara/jpnn)

BACA CERITA LEBIH LANJUT… Tayangkan Topik Hangat Bill, Gibran Bagikan Pemikirannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *