Tri Adhianto Unggul di Survei LKPI dan Dianggap Miliki Kemampuan Memimpin Kota Bekasi

saranginews.com, BEKASI – Lembaga Penelitian Pemilu Indonesia (LKPI) melakukan survei untuk mengukur peluang terpilihnya calon Wali Kota Bekasi. Hal ini memunculkan sejumlah nama antara lain Tri Adhianta, Ade Puspitasari, Heri Koswara, Ghas Shalihin, Raman Saleh Hilabi, Mokhtar Mohammad, dan Sigit Purnoma.

Direktur Eksekutif LKPI Togu Lubis mengatakan survei dilakukan pada 3 Mei hingga 14 Mei 2024. Survei dilakukan terhadap 1.800 warga Bekasi yang masuk dalam daftar pemilih tetap Pemilu 2024.

BACA JUGA: Tri Adhianto Ingin Atlet Asal Bekasi Sukses di Kancah Nasional

“Dalam pengumpulan sampel terverifikasi, LKPI menggunakan populasi DPT Pemilu 2024 di Kota Bekasi dan menerapkan metode multi stage random sampling yang tersebar secara proporsional di 56 kecamatan di Kota Bekasi,” ujarnya dalam siaran pers. pada Rabu (30/5).

Togu Lubis mengatakan, hasil jajak pendapat menunjukkan mantan Wali Kota Bekasi Tri Adhiant menjadi yang terpopuler dengan rating popularitas 88,2 persen.

BACA: Begini Penuturan Mas Tri Adhianta Selaku Pj Wali Kota Bekasi

Kemudian Ade Puspitasari 56,2%, Heri Koswara 54,2%, Sigit Purnama alias Pasha Ungu 50,2%, Mokhtar Mohammad 47,2%, Gus Shalihin 30,2%, Raman Saleh Hilabi 28,6%.

Tingginya popularitas Tri Adhianto sangat wajar karena upaya pemberantasan corona di Bekasi pada masa pandemi Covid-19 merupakan yang paling sukses di Indonesia, ujarnya.

BACA JUGA: Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianta tancap gas saat pulih dari Covid-19

Sementara itu, dia menyebut nama Tri Adianta kembali menjadi yang terpopuler dengan perolehan 87,8 persen dalam hal penerimaan atau pengakuan masyarakat terhadap nama calon Wali Kota Bekasi.

Heri Koswara 51,7%, Ade Puspitasari 50,9%, Sigit Purnama 45,9%, Mokhtar Mohammad 40,2%, Gus Shalihin 28,9%, Raman Saleh Hilabi 26,4% berada di urutan berikutnya.

Lalu ditanya apakah Pilkada Walikota Bekasi digelar hari ini dan siapa yang akan dipilih, hasil akhirnya Tri Adhianta terpilih paling banyak dengan partisipasi pemilih hingga 27,1 persen.

Disusul nama tokoh lainnya, Heri Koswara 12,2 persen, Ade Puspitasari 10,3 persen, Sigit Purnoma 8,1 persen, serta Mokhtar Mohammad masing-masing 4,8 persen dan 17,2 persen. 20,3 persen tidak menjawab.

Dalam simulasi tertutup dengan menggunakan kuisioner, calon Wali Kota Bekasi ditentukan dan ditanya sosok mana yang akan mereka pilih jika Pilkada Bekasi digelar hari ini.

Hasilnya, nama Tri Adhianta masih menjadi figur elektabilitas tertinggi dengan perolehan 39,4 persen, disusul Heri Koswara 20,2 persen, Ade Puspitasari 10,8 persen, Sigit Purnoma 8,3 persen, Mokhtar Mohammad 5,1 persen, Gus Shalihin Ramani 3,1 persen. 2,6 persen, dan yang tidak memilih 10,5 persen,” ujarnya.

Sementara itu, survei menunjukkan bahwa 78,8 persen warga Bekas mengharapkan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih mampu menstabilkan harga kebutuhan pokok, sayur mayur, dan perlengkapan dapur. (cuy/JPNN)

BACA ARTIKEL LAGI… Lihat Wajah Tri Adhiant Saat Dilantik Pj Wali Kota Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *