Pemprov Sumsel Berkolaborasi dengan OJK Gelar Harvesting Gernas BBI-BBWI 2024

saranginews.com, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar kegiatan konsolidasi gerakan nasional. Bangga bisa dibuat di Indonesia dan bangga bisa berwisata ke Indonesia (Gernas BBI dan gadis montok) ) di provinsi Sumatera Selatan

Acara dibuka oleh Agus Fatoni, Pj Gubernur Provinsi Sumatera Selatan. Mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) SA Supriono di halaman DPRD Provinsi Sumsel Palembang, Minggu (26/5).

BACA JUGA: Pj Gubernur Provinsi Sumsel Agus Fatoni bergerak cepat penanganan dampak banjir di Ogun Comering Ulu.

Gerakan BBI dan BBBI memberikan wadah untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk-produk MIME, usaha kecil dan menengah, serta memperkenalkan sektor pariwisata di Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam kegiatan tersebut, Pemprov Sumsel melalui Dinas Koperasi dan UKM membuka pendaftaran sertifikat Halal gratis bagi 1.000 UMKM.

Baca Juga: GIGI Hingga Virgoun Siap Rayakan Perayaan Gernas BBI BBWI 2024 di Riau

Tujuannya untuk memperkuat ekonomi syariah di Sumsel, kata Suprano dalam keterangan resmi, Senin (27/5).

Selain layanan sertifikasi Halal Fasilitas MIPIME seperti NIB, layanan perpajakan juga tersedia. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Standar Nasional Indonesia (SNI) Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Industri Dalam Negeri (PIRT) misalnya Inklusi Keuangan dan Asuransi Mikro oleh LJK.

“Pemerintah Provinsi Sumsel juga bekerja sama dengan OJK untuk melakukan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM yang beroperasi secara terintegrasi di 17 kabupaten/kota,” jelasnya.

Pemprov Sumsel dan OJK juga tengah mengupayakan integrasi produk yang memfasilitasi pertemuan antara lembaga keuangan dan UMKM untuk mencari pembiayaan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan UMKM.

“Memanen Ini merupakan acara pameran MIPI yang bertepatan dengan hari lahir Provinsi Sumsel,” jelas Supriono.

Menjelang panen Gernas BBI-BBWI tahun 2024, Sekda Supriono mengajak semua pihak untuk saling bahu membahu memajukan sektor UMKM dan pariwisata. Ini menekankan kearifan lokal dan kekayaan di wilayah tersebut.

Panen Gernas BBI-BBWI 2024 Provinsi Sumsel dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seru seperti Pameran Produk UMKM (BBI) yang menampilkan produk-produk unggulan dari berbagai UMKM di Sumsel, antara lain produk kerajinan tangan dan biji kopi lokal.

Lalu ada promosi pariwisata Sumsel yang menghadirkan beragam atraksi wisata dan pertunjukan seni dan budaya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Dewan Pengawas OJK Mahendra Siregar, Direktur Eksekutif Pemantau Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan EPK OJK Friderica Widyasari Dewi.

Ada pula Wakil Direktur Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo RM Manuhutu, Deputi Direktur Jenderal Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Muhammad Niel El Himam dan Kepala OJK Sumsel dan Bangka Belitung Untung Nugroho (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *