Kisah Inspiratif AgenBRILink, Bantu Akses Perbankan Warga di Sumbawa Besar

saranginews.com, JAARTA – Happy Noorazija atau biasa disapa Merry tak menyangka bisa mendapatkan pekerjaan sebagai agen BRILink.

Merry bercerita, awalnya ia belum mengetahui tentang bisnis perbankan dan berbagai keuntungan yang bisa didapat sebelum akhirnya menjadi agen BRILink di wilayahnya, Desa Maluk, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca Juga: Agen BRILink di Yogyakarta Sukses Dapat Trafik dari BRI, Asyik!

Seperti diketahui, AgenBRILink merupakan perpanjangan layanan BRI dimana agen memberikan layanan perbankan langsung. Layanan ini menjangkau seluruh wilayah Indonesia termasuk wilayah 3T (Terdepan, Terpencil dan Terpencil).

Meski baru berkiprah sejak Maret 2023, Merry terbukti mampu mendekatkan keuangan kepada masyarakat di wilayahnya. Dengan begitu, warga Desa Maluk tidak perlu menempuh perjalanan berkilo-kilometer untuk menyetor uang tunai, menarik uang tunai, mencairkan bantuan sosial (bansos), atau membayar biaya lainnya di BRI.

Baca selengkapnya: BRILink mendukung agen untuk berbisnis dengan BRI

Hal ini disebabkan adanya fitur Electronic Data Capture (EDC) pada ATM BRI Mini melalui Agen BRILink.

Namun menurut Merry, yang namanya memulai usaha di desa, masih ada suka dan dukanya, selain karena minimnya modal, hal tersebut tidak menjadi kendala. Oleh karena itu, selain menyediakan layanan tunai, tarik tunai, transfer, pembayaran elektronik, kredit, pengumpulan dompet digital dan lainnya, Merry memutuskan untuk menjadi Mitra Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Warga sekitar yang bahagia juga bisa menyalurkan pinjaman seperti pinjaman KECE (Kredit Cepat) senilai Rp 10 juta kepada warga sekitar.

“Mencari nasabah, menjalin silaturahmi dengan masyarakat sekitar itu sangat penting. Selain itu, kami juga aktif mendukung proyek-proyek BRILink,” ujarnya. Berkat inovasi, Merri berhasil menggaet nasabah yang puas menggunakan layanan AgenBRILink.

Kesediaannya untuk terus belajar dari agen lain juga menjadi modal penting dalam membangun usahanya. Meski libur lebaran semakin dekat, Mary tetap bertekad untuk tetap melanjutkan ibadahnya tanpa gangguan. Keputusan buka di hari libur bukan hanya langkah serius dalam pelayanan pelanggan, tapi juga upaya mengikuti program THR.

“Masa lebaran belum tutup dan lebih ramai lagi saat hari libur karena kami ingin program THR berjalan seperti tidak ada hari libur,” kata Mary.

Keluhan Merry semakin menguatkan anggapan bahwa menjadi perwakilan BRILink bukanlah pekerjaan biasa bagi Merry. Saat ditanya mengenai motivasinya menjadi agen, Merry menegaskan bahwa dirinya mempunyai tanggung jawab penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Bagi Merry, kepercayaan merupakan aset penting yang harus dikelola dengan integritas dan dedikasi.

Kisah sukses Nurazija sebagai perwakilan Brilink tidak hanya mengharukan, namun membuktikan bahwa dengan kerja keras, keikhlasan dan dedikasi dalam bekerja, setiap orang dapat bekerja di tempat mana pun yang dipilihnya. Semoga kisah perjuangan Merry dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk tidak menyerah dalam meraih impiannya.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan layanan AgenBRILink hadir untuk membantu masyarakat mengakses layanan perbankan dengan mudah. Selain tarik tunai, terdapat layanan kebutuhan sehari-hari masyarakat seperti tagihan listrik, tagihan air, iuran BPJS, telepon, belanja, pembayaran tagihan, isi ulang BRIZZI, pinjaman, layanan rujukan pembukaan rekening tabungan BSA. Atau pinjam dan tukarkan barang lain.

“Agen BRILink merupakan bukti nyata kemitraan finansial yang dilakukan BRI, karena fee yang diterima agen mencapai 2-3 kali lipat dibandingkan yang diterima BRI. Dan kehidupan sosial,” kata Supari.

Pada kuartal pertama tahun 2024, tercatat agen ini menangani 285 juta transaksi keuangan, tumbuh 12,8 persen252,5 sepanjang tahun (252,5) ​​252,5 juta di kuartal berikutnya tahun 2024. juta bisnis pada kuartal pertama tahun 2023.

Peningkatan tersebut dibarengi dengan volume perdagangan yang mencapai Rp370 triliun pada periode tersebut. Jumlah agen BRILink juga meningkat sebesar 22,4 persen dari 650.780 agen pada akhir Maret 2023 menjadi 796.836 agen pada Maret 2024. (jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *