Beli Rumah lewat Sistem Lelang Bank, Siapa Takut? Simak 7 Tip Ini

saranginews.com, JAKARTA – Cara membeli rumah idaman lainnya adalah melalui lelang bank karena menawarkan berbagai keuntungan mulai dari harga murah hingga proses cepat.

Sejumlah properti yang lolos lelang bank sudah siap huni (full furniture) atau hanya memerlukan renovasi kecil.

BACA LEBIH BANYAK: Ruang A23 kini membuka layanan desain interior rumah idaman

Namun, untuk melakukan proses lelang, Anda tetap perlu mempersiapkan beberapa hal agar Anda bisa menemukan KPR yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, serta bisa memanfaatkan peluang investasi real estate.

Apa itu Rumah Lelang Bank?

BACA JUGA: Sedang mencari rumah idaman? Hadiri Alam Sutera Property Expo 2023

Rumah lelang bank adalah rumah atau properti yang diambil alih oleh bank dan dijual melalui lelang.

Penyitaan dapat terjadi bila pemilik sebelumnya gagal membayar cicilannya, sehingga bank sebagai pemberi pinjaman mengambil alih harta yang akan diperjualbelikan melalui sistem lelang.

BACA JUGA: Rencanakan masa depan Anda dengan matang, mulai dari pernikahan hingga rumah impian

Keuntungan Membeli Rumah Lelang Bank

1. Harga murah

Rumah lelang bank dapat mewakili alternatif yang menarik untuk memperoleh properti dengan harga lebih rendah dibandingkan membeli di pasar reguler.

Jadi, bagi pembeli, situasi ini benar-benar merupakan peluang untuk mendapatkan properti dengan nilai investasi rendah.

2. Membangun nilai

Kesalahpahaman yang umum terjadi adalah bahwa rumah lelang bank tidak sama dengan rumah di pasar reguler. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar.

Ada banyak balai lelang bank dengan kualitas bangunan yang baik, apalagi jika Anda melakukan riset dan analisis dengan cermat. Selain itu, rumah yang dijual di lelang harus sudah diperiksa oleh pihak bank.

Sebagai salah satu platform lelang online terkemuka, Info Lelang BRI menawarkan beragam fitur unggulan yang dapat membantu Anda memilih rumah lelang idaman. Tidak hanya menyediakan gambar properti, Info Lelang BRI juga memberikan informasi penting mengenai setiap bangunan properti yang dijual.

Mulai dari harga, perlengkapan, akses, hingga dokumentasi lengkap rumah bisa dengan mudah dicek di Info Lelang BRI.

Aksesnya mudah, Anda hanya perlu mengunjungi halaman Lelang Real Estate dan mulai menelusuri rumah lelang bank yang memenuhi kriteria Anda.

3. Peluang investasi

Selain mencari properti dengan harga murah, membeli rumah di lelang bank juga bisa menjadi peluang investasi yang bagus. Karena dengan harga yang murah anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika dikelola dengan baik.

Di kemudian hari, nilai properti tidak mungkin bisa meningkat dibandingkan saat pertama kali membelinya.

4. Pemrosesan cepat

Proses pembelian di balai lelang bank biasanya lebih cepat dibandingkan lelang biasa. Hal ini dapat menghemat waktu Anda dalam mencari barang yang Anda inginkan.

5. Pembiayaan hipotek

Proses pembelian rumah lelang bank ini juga dapat dibiayai dengan Kredit KPR dengan syarat khusus dan promo keuntungan yang menarik. Hal ini akan memudahkan calon investor untuk memiliki properti lelang bank

7 Tips Membeli Rumah Lelang Bank

Setelah mengetahui manfaatnya, berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebelum membeli rumah lelang bank agar mendapatkan keuntungan maksimal.

1. Harga pasar dalam negeri

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah, cari tahu dulu harga pasar di daerah yang Anda minati. Ini dapat membantu Anda menetapkan batas harga dan memastikan Anda tidak membayar lebih untuk suatu barang selama lelang.

2. Lokasi rumah

Lokasi rumah juga merupakan faktor penting dalam nilai properti. Pastikan Anda memilih balai lelang bank yang lokasinya strategis, dekat dengan fasilitas umum, terhubung dengan transportasi umum, dan berpotensi untuk diapresiasi dengan baik di kemudian hari.

3. Periksa kelengkapan dokumen rumah

Sebelum mengikuti lelang, pastikan Anda telah meneliti dan memeriksa dokumen properti dengan cermat. Dokumen-dokumen tersebut antara lain sertifikat, akta tanah, dan hak milik lainnya yang memuat informasi penting tentang kepemilikan tanah.

4. Kondisi properti

Pahami syarat dan kondisi properti yang ingin Anda beli. Jadi, jangan sungkan untuk bertanya mengenai kondisi fisik bangunan, kemungkinan perbaikan, dan apakah ada permasalahan hukum yang perlu dipertimbangkan.

5. Pilih sesuai kemampuan finansial

Pastikan untuk menetapkan batasan keuangan Anda untuk berpartisipasi dalam lelang. Cara melakukannya adalah dengan mengetahui berapa banyak yang dapat Anda belanjakan, dan tidak melebihi batas tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko terjebak dalam utang yang dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

Oleh karena itu, di Info Lelang BRI, pembeli dapat mengetahui harga setiap barang lelang secara transparan.

Anda juga dapat mengetahui batas bawah dan atas harga suatu barang melalui fitur Filter Harga. Selain itu, Info Lelang BRI juga masih banyak fitur unggulan lainnya yang dapat membantu Anda menemukan rumah lelang idaman yaitu Hot Deals dan Clean & Clear.

6. Memahami syarat dan ketentuan lelang

Setiap lelang mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda harus membaca dan memahami seluruh peraturan lelang dengan cermat agar Anda tidak bingung saat melakukan lelang. Diantaranya, perhatikan besaran uang jaminan yang harus disiapkan.

Biasanya, uang jaminan sudah termasuk dalam persyaratan lelang. Lihat juga informasi Perolehan Hak Milik dan Biaya Pembangunan (BPHTB) yang bisa dinegosiasikan.

Selain itu, tinjau kembali kewajiban Anda membayar Pajak Bumi dan Bangunan (LBT) sebagai pemilik rumah baru di kemudian hari. Pembayaran tanggung jawab PBB berfungsi untuk membiayai pembangunan dan pemeliharaan prasarana dan pelayanan sosial di permukiman.

7. Pilih platform lelang yang andal

Sangat penting untuk memilih platform lelang yang andal dan bereputasi baik. Anda dapat mengunjungi kantor Pelayanan dan Lelang Barang Milik Negara untuk informasi lengkap mengenai properti lelang yang tersedia.

Namun jika tidak ingin kendala, gunakanlah platform Info Lelang BRI yang akan memberikan layanan terpercaya dan transparan dalam proses lelang properti.

Pada halaman Informasi Lelang Real Estate BRI, Anda dapat menelusuri berbagai properti dari berbagai lokasi lengkap dengan informasi properti, fasilitas dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Saat Anda membuka halaman tersebut, Anda juga dapat melihat foto-foto rumah untuk mengecek kondisi bangunan dan memastikan rumah tersebut layak untuk ditinggali.

Dengan fitur-fitur canggih seperti transparansi informasi, waktu lelang dan berbagai aset lelang, platform ini juga memungkinkan calon pembeli mencapai rumah lelang bank dengan aman dan mudah.

Tunggu apa lagi, yuk segera temukan rumah idaman melalui lelang bank karena Info Lelang BRI memberikan informasi lengkap properti lelang pilihan (jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *