Begini Cara Fitology Fitness Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional

saranginews.com, JAKARTA – Fitology Fitness, sebuah fasilitas ramah lansia, mengadakan acara di Jakarta dan Bali bertajuk “Meningkatkan produktivitas lansia melalui latihan kekuatan rutin.”

Aksi ini merupakan bentuk dukungan nyata terhadap suksesnya bonus demografi, selain dalam rangka perayaan Hari Lanjut Usia Nasional yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2024.

BACA JUGA: 5 makanan ini meredakan sembelit dan memperlancar buang air besar

Dalam acara ini diadakan kegiatan dimana para senior dapat bertemu, saling mengenal, belajar dari praktisi kesehatan dan kebugaran serta berolahraga bersama.

“Kita perlu memahami bahwa ada perbedaan antara sehat dan bugar. Sehat adalah keadaan jasmani, rohani, dan sosial yang baik, bebas dari penyakit dan kelemahan. Kebugaran jasmani merupakan suatu keadaan dimana tubuh tidak mudah lelah setelah melakukan berbagai aktivitas. Orang yang sehat?

BACA JUGA: 3 produk makanan terbaik yang efektif meningkatkan stamina pria di ranjang

Tujuan awal acara ini sejalan dengan misi berdirinya Fitology Fitness, yaitu untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya aktivitas fisik bagi lansia.

“Sebenarnya lansia perlu menjaga kekuatan otot. Apapun program pelatihannya, tentu aman bila baik, benar, terukur, dilakukan secara rutin dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing,” ujarnya.

BACA JUGA: 4 Produk yang Tidak Boleh Dimakan Bersama Jeruk

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2023 persentase penduduk lanjut usia di Indonesia sebesar 11,75%.

Jumlah ini meningkat sebesar 1,27% yakni 10,48%. dibandingkan tahun sebelumnya.

Jika upaya ini tidak dilakukan, pertumbuhan ekonomi akan menjadi ancaman bagi Indonesia. Upaya meningkatkan penuaan sehat dapat dilakukan melalui olahraga.

Olahraga menjadi elemen penting dalam mengurangi dampak negatif penuaan, dengan manfaat yang mencakup kesehatan fisik, mental, dan kognitif.

“Untuk tetap sehat, Anda hanya perlu rutin berolahraga. Namun untuk menangkal penurunan kebugaran jasmani akibat penuaan dan agar dapat terus menjalani hidup mandiri, para lansia wajib rutin melatih kekuatan otot tubuhnya,” tutupnya.

 (ayah/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *