5 Makanan Ini Bikin Sembelit Ambyar, BAB Makin Lancar

saranginews.com, JAKARTA – KONSTITUSI merupakan masalah pencernaan yang sangat menyakitkan.

Tapi pertama-tama mari kita pahami apa yang menyebabkan sembelit.

BACA JUGA: Jika Anda mengalami sembelit, segera obati dengan 5 pengobatan alami ini

Sembelit terjadi ketika pergerakan makanan melalui sistem pencernaan melambat akibat pola makan rendah serat, usia tua, kurangnya aktivitas fisik, atau pengobatan tertentu.

Meskipun ada banyak obat sembelit yang dijual bebas, seperti obat pencahar dan pelunak feses, yang terbaik adalah memulai dengan makanan berserat tinggi yang menjaga bentuk feses Anda.

BACA JUGA: 5 Makanan Kaya Kolagen yang Baik untuk Kulit

Jadi tanpa basa-basi lagi, berikut beberapa makanan yang bisa membantu Anda melancarkan buang air besar, seperti dikutip dari Healthshots.com.1. apel

Meskipun kita semua tahu bahwa makan apel sehari bisa menjauhkan diri dari dokter, ternyata buah ini juga bisa mencegah sembelit.

BACA JUGA: Waspada, 6 makanan sehat ini bisa menyebabkan sembelit pada bayi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh US National Library of Medicine, apel merupakan sumber serat yang baik, dengan setiap apel menyediakan hingga empat gram serat.

Jenis serat larut tertentu yang disebut pektin, yang ditemukan secara alami dalam apel, dikenal sebagai obat pencahar.

Penelitian menunjukkan bahwa pektin memfasilitasi pengangkutan makanan ke usus besar dengan meningkatkan bakteri menguntungkan di usus.

Lalu tambahkan yogurt dan oat dengan apel segar atau gigit saja menjadi 2. Ubi

Meskipun transit usus yang buruk dapat membuat Anda merasa seperti kentang, ubi sebenarnya dapat membantu Anda buang air kecil.

Sebagai sumber vitamin dan mineral, ubi jalar juga tinggi serat sehingga dapat membantu meningkatkan keteraturan buang air besar.

Ubi jalar merupakan makanan yang membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme.

Penelitian yang mempelajari serat pangan yang terdapat pada ubi jalar menyatakan bahwa rata-rata ubi jalar mengandung serat sehat seperti selulosa, lignin, dan pektin.

Kandungan serat ini, menurut sebuah penelitian tahun 2016, membantu 57 pasien leukemia buang air besar lebih baik dengan mengurangi ketegangan dan ketidaknyamanan selama kemoterapi.3. Pir

Meskipun pir mungkin tidak terlihat seperti makanan yang ramah terhadap kotoran, namun sebenarnya pir ramah terhadap kotoran.

Menariknya, satu buah pir berukuran sedang dapat membantu kita memenuhi 24 persen kebutuhan serat harian karena mengandung enam gram serat.

Selain tinggi serat, buah pir memiliki banyak khasiat yang dapat membantu melancarkan buang air besar.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh US National Institutes of Health menemukan bahwa buah pir mengandung sorbitol dan fruktosa.

Gula alkohol alami ini bertindak sebagai agen osmotik, menarik air ke dalam usus dan merangsang pergerakan usus.4. Biji chia

Meskipun kita semua baru-baru ini mengetahui betapa fenomenalnya makanan super ini untuk menurunkan berat badan, kita tidak dapat menyangkal manfaat pencaharnya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh US National Library of Medicine, biji chia adalah salah satu makanan terkaya serat, karena 40 persen dari beratnya hanya terdiri dari serat.

Nutrisi mikro super ini dapat menyerap 12 kali beratnya dalam air dan melembabkan tinja sehingga lebih mudah dibuang5. Kiwi

Kiwi yang berair kaya akan serat dan dapat membantu merangsang pergerakan di saluran pencernaan, sehingga membantu melancarkan buang air besar, menurut sebuah penelitian dari Institut Kesehatan Nasional AS.

Penelitian ini memberikan buah kiwi kepada 33 peserta yang mengalami sembelit dan 20 peserta yang tidak mengalami sembelit dua kali sehari selama periode empat minggu.

Mereka menemukan bahwa buah kiwi membantu mempercepat waktu transit usus, mengurangi penggunaan obat pencahar, dan memperbaiki gejala sembelit (fny/jpnn).

BACA ARTIKEL LEBIH LANJUT… 7 Makanan Tinggi Serat yang Membantu Menjaga Kesehatan Usus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *