WWF 2024: Inilah Komitmen dan Langkah Nyata Pertamina Mengelola Keberlangsungan Air

saranginews.com, NUSA DUA – PT Pertamina (Persero) berkomitmen mengelola air untuk melindungi sumber air bersih dan mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya Tujuan 6: Air Bersih dan Sanitasi.

Komitmen ini juga sejalan dengan salah satu prioritas keberlanjutan Pertamina, yaitu mengurangi emisi lingkungan (reduce Environmental Footprint).

Baca juga: Pertamina Patra Niaga Regional JBB dan Pal Bluwok tanam mangrove di Pulau Seribu

Hal tersebut disampaikan Vice President (VP) Sustainability Strategy Pertamina Suripno saat executive roundtable dialog pada 10th Water Forum Side Event – 2024 World Water Forum Series yang digelar di Nusa Dua, Bali pada Rabu (22/5).

Dalam diskusi panel bertajuk “Moving Faster: Best Practices in Corporate Water Management,” Suripno menyampaikan langkah spesifik yang dilakukan Pertamina untuk mendukung keberhasilan program pengelolaan airnya.

Baca Juga: Pertamina NRE tandatangani perjanjian kerja sama dengan Masdar untuk pembangunan PLTS dan PLTB

“Kami melakukan dua upaya,” kata Sulipno.

Pertama, upaya internal, baik perilaku maupun teknis.

Baca juga: WWF 2024: Pertamina NRE Targetkan Pertumbuhan Rendah Emisi, Ini Prioritasnya

Kedua, upaya eksternal melalui kemitraan sosial dan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

“Kami juga memahami penggunaan air di seluruh rantai nilai bisnis Pertamina, sehingga kami menerapkan sistem dan rencana pengelolaan air yang memiliki Net Positive Water Impact (NPWI),” jelasnya.

Suripno menambahkan, Pertamina mengatur penggunaan air secara ketat. Rencana pengelolaan air berkelanjutan dimulai dari mengidentifikasi rantai nilai konsumsi air, menetapkan tujuan dan melaksanakan rencana tersebut.

Selain itu, metodologi Pertamina Water Tools memungkinkan penilaian cepat terhadap penerapan sistem pengelolaan air di seluruh unit bisnis.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communications Pertamina, menambahkan upaya keberlanjutan yang dilakukan Pertamina, termasuk pengelolaan air, dimuat dalam Laporan Keberlanjutan yang dapat diakses di website perusahaan www.pertamina.com.

Publikasi ini merupakan bentuk transparansi Pertamina kepada pemangku kepentingan terkait upaya dan hasil program keberlanjutan yang dilaksanakan.

Dia mengatakan, Pertamina sebagai BUMN tidak hanya berperan dalam menjaga kedaulatan energi.

Fadjar menekankan: “Lebih dari itu, Pertamina menjadi perusahaan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, membawa manfaat besar bagi kelestarian sosial dan lingkungan.”

Sebagai perusahaan terdepan dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung target net-zero emisi tahun 2060 dengan terus mendorong proyek-proyek yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social and Governance (ESG) di seluruh wilayah bisnis dan operasi Pertamina. (mrk/jpnn) Yuk, tonton juga video ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *