Kementerian BUMN Apresiasi Kolaborasi SIG & Astra dalam Meningkatkan TKDN Sparepart Berbasis Binaan UKM

saranginews.com, BANDUNG – UKM binaan PT Semen Indonesia (SIG) dan Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), CV Kawani Tekno Nusantara (Kawani), menerima kunjungan Pakar Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian. BUMN, Loto Srinaita Ginting, di bengkel CV Kawani, Bandung, Jumat, (24/5).

Dalam kunjungan tersebut, SIG juga memperkenalkan berbagai produk hasil UMKM binaan anak usaha SIG, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, antara lain Minyak Atsiri Sijebi, Kopi Spirulina Damarjati, dan produk kerajinan ecoprint.

BACA JUGA: Ketua DPD RI Apresiasi PT SIG yang Tingkatkan Bagian TKDN Berdasarkan UKM yang Diusung

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengetahui kegiatan pengembangan UKM yang dilakukan SIG bersama YDBA, agar berhasil meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) suku cadang pabrik SIG.

Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab SIG berhasil meraih penghargaan Peningkatan Konsumsi Produk Dalam Negeri (P3DN) dari Kementerian Perindustrian dua tahun berturut-turut pada tahun 2023 dan 2024.

BACA JUGA: Anak Usaha SIG Raih Penghargaan Kewirausahaan BUMN 2024

Loto mengatakan Kementerian BUMN sangat mengapresiasi kerja sama SIG dan YDBA yang telah memberikan pembinaan kepada UKM agar mampu memproduksi suku cadang untuk pabrik SIG guna meningkatkan TKDN.

Sebagai perusahaan milik negara, SIG telah menunjukkan fokusnya dalam melaksanakan arahan Kementerian BUMN dalam meningkatkan penggunaan produk lokal.

BACA JUGA: Persetujuan SEC terhadap Ethereum ETF, Mendorong Harga Lebih Tinggi & Membuka Peluang Baru bagi Investor

“Kemitraan dimana SIG sebagai offtaker yang memberikan kesempatan kepada CV Kawani untuk memproduksi suku cadang Pabrik SIG, bekerjasama dengan YDBA yang sudah berpengalaman dalam mendukung UKM, merupakan suatu bentuk kemitraan yang baik. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi BUMN dan lainnya. perusahaan untuk mempercepat keberhasilan peningkatan TKDN dari produk yang diimpor selama ini,” kata Loto.

Rencana pengembangan UKM untuk meningkatkan TKDN suku cadang pabrik SIG merupakan pemenuhan perjanjian kerja sama antara SIG dan YDBA pada tahun 2022.

Dalam kerja sama ini, SIG memberikan pembinaan berupa edukasi spesifikasi produk, pendampingan pembuatan prototype, serta pengujian dan uji kinerja di pabrik SIG, kepada UKM binaan YDBA.

Sejauh ini SME 8 telah berhasil memproduksi 10 jenis spare part yang siap digunakan di pabrik SIG, salah satunya CV Kawani yang memproduksi spout filler (penerus kekuatan impeller pada mesin rotary packer), wedge cooler (elemen penyangga palang pada pendingin klinker agar tidak berputar), dan pan transport roller (roda baja yang menopang pan changer).

Padahal, CV Kawani telah menerima pesanan 1.000 produk wedge cooler untuk pabrik PT Semen Gresik di Rembang.

Direktur Operasional SIG, Reni Wulandari mengatakan, kunjungan ini merupakan penegasan komitmen Kementerian BUMN dalam pengembangan UKM, sekaligus dukungan kepada SIG untuk terus meningkatkan suku cadang TKDN sesuai perkembangan UKM.

Inisiatif ini juga diharapkan dapat membantu menciptakan rantai pasok yang berkelanjutan, serta meningkatkan daya saing Perseroan dengan menggantikan produk-produk yang telah dipesan sebelumnya.

“SIG ingin menciptakan ekosistem bisnis yang membantu perusahaan dalam memenuhi kebutuhan suku cadang pabrik dari industri lokal. Pada saat yang sama, SIG juga memberikan nilai tambah kepada UKM dengan meningkatkan kemampuan memproduksi suku cadang yang handal secara teknis dan ekonomis. sekaligus memenuhi standar industri sehingga tidak hanya di pabrik SIG tapi juga perusahaan lain,” kata Reni.

Ketua Pengurus YDBA Rahmat Samulo mengatakan kerja sama SIG dan Astra dalam meningkatkan TKDN yang melibatkan UKM sejalan dengan semangat Astra untuk terus bekerja sama memajukan UKM di tanah air.

Samulo berharap kemitraan ini dapat dilanjutkan, bahkan diperluas hingga mencakup BUMN lain dan lebih banyak lagi UKM yang didukung.

“Astra melalui YDBA juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN, SIG dan CV Kawani Tekno Nusantara atas kerjasama yang telah terjalin selama ini. Kolaborasi ini akan mempercepat upaya UKM untuk naik kelas dan kerjasama ini sangat penting untuk menjadikan UKM lebih baik lagi. ,” kata Samulo (chi/jpnn).

BACA ARTIKEL LAGI… BTN Syariah Raih Penghargaan Bank Syariah Domestik Terbaik se-Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *