BTN Syariah Raih Indonesia Best Domestic Islamic Bank

saranginews.com, JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk kembali meraih penghargaan Euromoney Islamic Finance Award dua tahun berturut-turut.

Kali ini BTN mendapat apresiasi sebagai bank syariah lokal terbaik Indonesia.

BACA: Kekayaan bersih BTN Syariah meningkat di level ini

Euromoney memberikan peringkat tertinggi kepada Unit Usaha Syariah BTN (BTN Syariah) yang menunjukkan komitmennya pada tahun 2023 dalam mendukung bangunan berkelanjutan dan meluncurkan inisiatif pengelolaan lingkungan di perusahaan.

“Penghargaan ini merupakan pencapaian BTN Syariah dalam proses transformasi menjadi bank umum syariah pada tahun 2025,” kata Chief Marketing Officer BTN Hirwandi Gafar.

BACA JUGA: Bersama Relawan BUMN, BTN Lawan Bullying

Sebagai penyalur pinjaman pemerintah di Indonesia, BTN mendapat lebih dari 70% saham pemerintah sehingga meningkatkan porsinya dari 167.346 unit atau sekitar Rp 26 triliun pada tahun 2023.

Selain itu, di era digitalisasi, BTN dapat melakukan perubahan positif dengan menciptakan lingkungan pengiriman digital yang komprehensif, dan telah mengalami pertumbuhan besar di seluruh saluran digital, termasuk peningkatan layanan mobile banking sebesar 50% year-on-year.

BACA LEBIH LANJUT: Persetujuan SEC terhadap Ethereum ETF Menaikkan Harga dan Membuka Peluang Baru bagi Investor

Euromoney menambahkan penilaian positifnya terhadap BTN karena menunjukkan komitmennya terhadap perekonomian berkelanjutan, salah satunya menerapkan kebijakan ramah lingkungan seperti pemasangan panel surya di kantornya maupun di kelompok seperti Inisiatif Keuangan Berkelanjutan Indonesia (IKBI) dan PBB. Lingkungan. Program Pendanaan Program (UNEPFI).

Pada masa transisi, BTN Syariah memperkuat basis bisnisnya melalui berbagai inisiatif, khususnya dalam mengurangi kredit bermasalah, meningkatkan penghimpunan pembiayaan pihak ketiga (DPK), dan menyalurkan dana pinjaman kepada UMKM.

“Tahun 2023 merupakan tahun yang penting karena saat itu BTN Syariah banyak melakukan hal-hal baru dengan mengeluarkan produk keuangan baru seperti multi value refinancing aset selain properti dalam proses Musyarakah/syirkah dan Bai’i serta pembiayaan perumahan dengan memberikan dana. pengalihan hak “pekerjaan/keuntungan berdasarkan transaksi sewa dan opsi pengalihan kepemilikan atau sewa untuk dimiliki,” kata Hirwandi.

Landasan ini tidak hanya memperkuat bisnis BTN Syariah ke depan, namun juga mendukung pemerintah dalam pengembangan ekonomi syariah dimana layanan BI dapat tumbuh 4,7-5,5% dan pertumbuhan pendapatan perbankan syariah akan berada pada kisaran 4,7-5,5%. dalam waktu dekat 10-12% pada tahun 2024.

“Pada masa transisi, BTN Syariah mengembangkan program keuangan syariah yang mendukung program ekonomi syariah yang termasuk dalam program utama BI, seperti perluasan dan peningkatan porsi pembiayaan di luar CPR termasuk UMKM, dan program pasar keuangan syariah sebagai program pertama. SUKUK Tapera tahun 2023.” kata Hirwandi.

Dengan diraihnya prestasi menjadi Bank Syariah Dalam Negeri Terbaik di Indonesia, Hirwandi berharap BTN Syariah terus menunjukkan kiprah terbaiknya dalam memajukan ekonomi syariah di Indonesia karena berperan besar dalam mendukung perekonomian no (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *