WWF ke-10 di Bali Sukses, Putu Rudana Apresiasi Pemerintahan Jokowi

saranginews.com, JAKARTA – Putu Supadma Rudana, anggota Inter-Parliamentary Union (IPU) Committee on Sustainable Development, mengapresiasi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sukses menyelenggarakan World Energy Forum Water (WWF) ke-10 di Bali. .

“Kami sangat berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, khususnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang telah memulai program ini. Forum Air Dunia ke-10 akan diadakan di Indonesia, Bali,” kata Putu Rudana dalam keterangannya, Jumat (24/5).

BACA JUGA: WWF 2024 menjadi momen penting untuk memperkenalkan Subak ke dunia internasional 

Putu Rudana bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada forum WWF ke-10 di Bali. Foto: koleksi pribadi

Anggota DPR Bali Indonesia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh aparat keamanan, antara lain Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian. dan Kantor Keamanan Presiden. Ayo (Paspampres).

BACA JUGA: Catatan Dahlan Iskan Soal Kasus Vina Cirebon: Aneh

Tentunya aparat penegak hukum baik TNI, Polri, Paspampres dan aparatnya akan melakukan kegiatan pengamanan dan penjagaan pada kegiatan WWF ke-10 di Bali, sehingga event internasional tersebut dapat berjalan dengan lancar dan aman, kata Kompol. . VI Presiden Republik Indonesia.

Selaku Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Rudana juga menyampaikan apresiasinya kepada rekan-rekan di DPR RI yang turut membantu terselenggaranya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) IPU di World Water Forum.

BACA JUGA: Ganjar dan Mahfud Belum Pensiun, Megawati: Terus Berjuang

“Ini merupakan bentuk kerja sama DPR dan pemerintah dalam menyelenggarakan KTT Forum Air Dunia ke-10 di Bali. yang resmi bekerjasama dengan DPR RI sebagai tuan rumah dan Inter-Parliamentary Union (IPU),” ujarnya.

Putu juga mengakui Menteri PUPR Basuki terus melakukan koordinasi atas nama pemerintah dalam pelaksanaan WWF ke-10 di Bali, termasuk dengan Parlemen Dunia (IPU) agar IPU berperan dalam World Water Forum.

Hasilnya, pertemuan parlemen kesepuluh World Water Forum bisa terwujud, ujarnya.

Putu merupakan pembicara yang bertugas melaporkan seluruh rapat parlemen, Putu mengungkapkan betapa banyak poin penting yang disampaikan dalam WWF edisi ke-10 di Bali.

Pertama, pengamanan air merupakan salah satu agenda utama Parlemen dan mendorong dialog parlemen di tingkat regional dan internasional.

Kedua, perspektif komunitas dan masyarakat lokal penting dalam upaya global kami untuk memastikan keadilan dan keamanan air dan memastikan bahwa setiap langkah yang diambil relevan dengan kebutuhan lokal dan mempertimbangkan pengetahuan tradisional.

Ketiga, pengelolaan air berkelanjutan berperan penting dalam memperkuat ketahanan masyarakat dan ekosistem serta mendukung adaptasi terhadap perubahan iklim sejalan dengan tujuan iklim yang disepakati secara internasional.

Keempat, ketika tantangan terkait air melampaui batas negara, kebutuhan akan diplomasi yang lebih besar untuk mengelola sumber daya air dan berbagi pengetahuan serta praktik terbaik untuk mengatasi ketahanan air menjadi semakin penting.

Oleh karena itu, tugas kita sebagai DPRD untuk memprioritaskan aksi air untuk mewujudkan komitmen yang terkandung dalam SDG 2030 dan visi dunia yang adil dan sejahtera saat ini dan untuk generasi mendatang, kata Putu Rudana.

Lebih lanjut, Putu juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Bali dan pemerintah daerah yang menyambut kedatangan kepala negara dan delegasi WWF ke-10, yang juga diharapkan dapat memberikan pemasukan bagi pemerintah daerah dan perekonomian daerah (fat/jpnn) Simak. ! Video Pilihan Editor:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *