Tim BTB Lakukan Aksi Resik dan Distribusi Air Bersih di Sumbar

saranginews.com, JAKARTA – BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) melakukan operasi pembersihan dan pendistribusian air bersih kepada masyarakat terdampak banjir di Sumatera Barat (Sombar).

Bencana alam ini menyebabkan kerusakan rumah dan infrastruktur serta mengancam kesehatan masyarakat karena terbatasnya akses terhadap air bersih.

Baca juga: Pelayanan Korban Banjir Sumbar, BAZNAS Hadirkan 2 Mobil Khusus

Kepala Bidang Distribusi dan Eksploitasi BAZNAS RI Saida Sakwan mengatakan, pihaknya terpanggil untuk berperan aktif dan hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan.

“Kami berkomitmen memberikan bantuan konkrit berupa pembersihan lingkungan dan penyediaan air bersih kepada warga terdampak,” kata Saida dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (24 Mei).

Baca juga: BAZNAS Berikan Layanan Dukungan Moral dan Psikologis kepada Korban Bencana Sumbar

Saida menjelaskan, operasi pembersihan tersebut dilakukan dengan tujuan membersihkan lingkungan dari sisa lumpur dan sampah yang terbawa arus banjir, serta meminimalisir risiko penyebaran penyakit yang dapat timbul akibat banjir.

Selain kegiatan fisik, lanjut Saida, BAZNAS juga menjalin kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam pendistribusian air bersih.

Baca juga: Peduli Warga Banjir Gunung Marafi di Sumbar, XL Axiata Salurkan Bantuan 

Menurutnya, hal ini merupakan langkah penting untuk menjamin ketersediaan air yang aman dan memadai bagi masyarakat terdampak bencana.

“Kami telah mendistribusikan empat tangki air bersih kepada masyarakat terdampak bencana. Dengan semangat kebersamaan dan kepedulian, Insya Allah kami bisa meringankan beban mereka dan membantu mereka bangkit kembali,” ujarnya.

Sementara itu, Petugas BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) di lokasi bencana, Ricky Famil Awoludin mengatakan, operasi pembersihan material yang terbawa arus banjir dilakukan mulai Kamis, 23 Mei 2024 di beberapa titik bencana banjir. . .

“Saat ini kami sedang melakukan operasi pembersihan material hanyut lahar dingin di Kecamatan Rangkat, Tanah Datar,” ujarnya (jlo/jpnn) Yuk, tonton juga video ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *