Pj Gubernur Sumsel Lepas 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang

saranginews.com, JAKARTA – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni melepas 445 jamaah haji (calhaj) ke tanah suci pada pengiriman gelombang pertama ke Palembang. 

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (11/5) di Pura Haji Palembang, Sumatera Selatan.

BACA JUGA: Polda Sumsel Tersangka Pedagang Perhiasan Lakukan Penipuan 

Fatoni mengatakan, Rombongan pertama sebanyak 445 jemaah dan 5 awak kapal, 19 rombongan dari Provinsi Sumsel dan Bank Belitung akan berangkat haji. Mereka berangkat pada 12 Mei hingga 2 Juni 2024.

Fatoni mengucapkan selamat kepada jemaah yang dipanggil Allah SWT ke tanah yang penuh berkah. 

BACA: Polres OKU Salurkan Sumbangan dan Sembako kepada Masyarakat Terdampak Banjir dari Kapolda Sumsel

Fatoni mengatakan, ibadah haji yang ibarat rukun Islam yang kelima ini, hendaknya dilakukan sekali seumur hidup bagi umat Islam yang mampu secara finansial, jasmani, dan rohani.

Setelah sekian lama menunggu, apalagi dengan adanya penyebaran Covid-19, akhirnya masyarakat akan menuju ke tanah yang diberkahi.

“Mereka bergabung dengan jemaah dari seluruh dunia untuk menunaikan banyak salat dan sunah hingga berakhirnya ibadah haji di Padang Arafa,” kata Fatoni.

Fatoni juga berpesan kepada masyarakat untuk fokus menunaikan ibadah haji dan menjaga kesehatan. 

Ia pun berdoa kepada Allah agar diberkahi dengan haji.

Fatoni mengatakan: “Saya mendoakan daerah kita (Sumatera Selatan) maju, angka kemiskinan berkurang, dan masyarakat sejahtera, damai dan aman. Doakan juga para pemimpin kita baik di pusat maupun di daerah.”

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumsel yang diwakili Kepala Badan Penyelenggara Haji dan Umrah Armet Dachil mengatakan, calon panitia pembelaan haji di Palembang telah terbentuk. 19 rombongan penerbangan (kloter). 

Grup pertama terdiri dari sembilan grup pada gelombang pertama, grup 10-19. Dia juga keluar di gelombang kedua.

“Jemaah gelombang pertama diberangkatkan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) Palembang menuju Bandara Madinah, sedangkan jemaah gelombang kedua diberangkatkan dari Palembang menuju Jeddah,” ujarnya.

Dikatakannya, rombongan haji pertama di Palembang ini terdiri dari jemaah asal Kota Palembang dan Kabupaten Musi Banyuasin. 

Jemaah asal Palembang diberangkatkan dengan pesawat Saudi Arabian Airlines berkapasitas 450 kursi.

Rombongan pengiriman pertama ke Palembang rencananya diberangkatkan dari Bandara SMB II Palembang pada Minggu 12 Mei 2024 pukul 07.40 WIB, ujarnya.

Dalam pelepasan jemaah haji tersebut, hadir Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati, Kementerian Agama Sumsel. dan Kepala/agen OPD di Sumatera Selatan. (Jepang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *