PJ Gubernur Kaltim Akmal Malik Optimistis IKN Berdampak Positif bagi Perekonomian

saranginews.com, Jakarta – Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik mengatakan Kalimantan Timur memiliki sumber daya alam yang melimpah sehingga ideal untuk dijadikan tempat pembangunan ibu kota baru (IKN).

Prof. Dr. Akmal Malik, MSI – Apakah Anda serius menjadikan IKN sebagai ibu kota baru Indonesia? Hal itu diungkapkan Akmal saat wawancara eksklusif dengan Helmi Yahya dalam video YouTube bertajuk. Akmal Malik, baru-baru ini.

Baca juga: Aksesibilitas Transportasi Dimudahkan di IKN, BKI Gandeng PT DLU

Menurutnya, masa depan Indonesia terletak di kawasan timur karena sumber daya alamnya melimpah.

Akmal menilai pemanfaatan potensi alam sangat penting untuk mendukung pembangunan infrastruktur.

Baca Juga: KPU segera atasi kekurangan implementasi hak pilih di IKN

Menurutnya, Kalimantan Timur yang memiliki luas sekitar 15 juta hektar diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan IKN, meski luas IKN hanya sekitar 235 ribu hektar.

Oleh karena itu, Akmal menekankan pentingnya kerja sama semua pihak baik pemerintah daerah, masyarakat, dan swasta untuk mendukung pembangunan ibu kota baru ini.

Akmal menyebutkan tantangan yang ada saat ini, termasuk ketahanan pangan dan perlunya investasi di bidang pendidikan dan infrastruktur untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan pertumbuhan ekonomi.

“Kunci keberhasilan pengembangan IKN terletak pada komunikasi, konektivitas, dan akses sumber daya yang lebih baik,” kata Akmal.

Akmal juga membahas tantangan ketahanan pangan di Kalimantan Timur meskipun memiliki lahan dan sumber daya yang melimpah.

Ia menekankan perlunya menanamkan budaya pertanian yang kuat pada generasi muda dan berinvestasi dalam pendidikan dan infrastruktur untuk mendukung perekonomian lokal.

Akmal yakin dengan investasi yang tepat, sektor pertanian Kaltim bisa berkembang pesat dan mendukung ketahanan pangan nasional.

“KN bisa mempercepat pembangunan lintas sektor,” pungkas Akmal (mcr10/jpnn) Jangan lewatkan video Pilihan Editor ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *