Pilgub Sulteng 2024, Skala Data Indonesia: Elektabilitas Rusdy Mastura Tertinggi

saranginews.com, JAKARTA – Lembaga Survei Indonesia merilis hasil survei pemilihan gubernur Provinsi Sulawesi Tengah (Pilgub Sulteng) pada Sabtu (25/5/2024).

Survei dilakukan pada 1-10 Mei 2024 dengan menggunakan wawancara tatap muka langsung terhadap 800 responden dengan margin of error sebesar 3,46%.

Baca Juga: Pilkada Sulteng 2020 Debat Kedua, Rusdy-Mamun Kini Solusinya Bukan Kontrak

“Survei ini mengumpulkan banyak hal, mulai dari tingkat kepuasan masyarakat, isu-isu kepentingan publik termasuk persaingan pemilu menjelang pemilu eksekutif November 2024,” kata Direktur Eksekutif Scale Indonesia Arif Nurul Imam dalam keterangan tertulisnya.

Ia mengatakan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Rusdy Mastura masih baik, yaitu 52,2%.

Baca Juga: PDIP Sulsel Harap Pilkada 2024 Tak Terpengaruh Campur Tangan Kekuasaan

Sedangkan permasalahan yang mengkhawatirkan masyarakat adalah kemiskinan, pengangguran, KKN (Korupsi Luang, Kolusi dan Nepotisme), harga kebutuhan pokok, dan infrastruktur.

“Survei ini juga menyoroti pengaruh kebijakan moneter. Arif Nurl Imam mengatakan bahwa “sebanyak 22% akan terpengaruh oleh kebijakan moneter dan 44% menyatakan tidak terpengaruh.”

Baca selengkapnya: Pilkada 2024: Agus Sutiadi Ajak Generasi Muda Bersama Membangun Tangerang

Menurut Arif, Pilgub Sulteng tetap berjalan meski ada tokoh kuat yang masuk dalam bursa pemerintah. Nama Rusdy Mastura, Ahmad M Ali, dan Anwar Hafid merupakan sosok yang memiliki potensi elektoral bagus.

Rusdy Mastura memimpin dengan 15,1%, disusul Ahmad Ali 11%, Anwar Hafid 9,4%, dan lainnya di bawah 5%, kata Arif.

Sedangkan 23,3% pemilih yang menyatakan tidak ada pilihan adalah 36%, sedangkan 36% menjawab tidak tahu.

Artinya, lanjut Arif, masih banyak pemilih yang tidak diatur yang akan menjadi arena bermain simpati angka untuk bersaing.

Rusdy Mastura, menurut Arif, sebenarnya punya banyak modal politik karena ia menjabat sebagai administrator, serta memiliki tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi. Sedangkan Ahmad Ali memiliki basis yang besar di Morowali dan sekitarnya.

Oleh karena itu, jika Kompol Rusdy Mastura kembali menjabat, ia akan mempunyai modal yang besar untuk memenangkan Pilgub Sulteng mendatang dan bersaing dengan Ahmad Ali, tegas Arif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *