Megawati Akhirnya Bicara Soal Sikap Politik PDI Perjuangan

saranginews.com, JAKARTA – Ketua Umum PDI-P Megawati Sukarnaputri belum secara resmi menjelaskan sikap kebijakan partainya terhadap pemerintahan mendatang.

Hal itu terungkap saat Megawati menyampaikan pidato penutup Rapat Buruh Nasional PDI Perjuangan ke-5 di Stadion Internasional Beach City Ancol, Jakarta Utara, Minggu (26 Mei).

BACA JUGA: Kader PDIP Harus Dengarkan, Megawati: Ini Janji Saya

Dia mengatakan, sikap politik PDI Perjuangan akan didasarkan pada pemikiran yang akan menjadikan Indonesia lebih baik di masa depan.

“Posisi politik PDI Perjuangan didasarkan pada pemikiran apa yang akan menjadikan bangsa ini lebih baik, berdaulat, dan kokoh berdiri. Ini yang menjadi dasar pilihan sikap, sikap, dan posisi politik kita,” kata Megawati.

BACA JUGA: Pedoman Lengkap Rakernas V PDIP Butir 13 Soal Kerusuhan UKT Maret

Putri pendakwah Indonesia Sukarno atau Bunga Karno ini mengaku tak ingin terburu-buru menentukan pendekatan PDI Perjuangan pada pemerintahan selanjutnya.

“Kalau saya bicara saat ini, itu harus diperhitungkan secara politik lho,” kata presiden kelima RI itu sambil tersenyum.

BACA JUGA: Megawati Bercanda dengan Puan Serukan Tukar Ketua PDIP, Ketua DPR

Megawati kemudian bercanda kepada wartawan yang meliput Rapat Kerja Nasional PDI Perhuanggan ke-5 tentang sikap politik Partai Merah.

“Enak sekali. Ini benar-benar jurnalis yang kita tunggu-tunggu, suasana rapat kerja republik ke-5,” imbuhnya hingga membuat para jurnalis tertawa.

Ketua Dewan Pengarah BPIP kemudian berpesan kepada para kader untuk tidak khawatir dengan sikap politik PDI Perjuangan terhadap pemerintahan lain.

Megawati meminta para kader hingga ke akar rumput mempersiapkan segala sesuatunya agar calon bisa memenangkan Pilkada Serentak 2024.

“Itu dia, siap-siap menghadapi pilkada ini. Bersatu. Masyarakat diberi ilmu. Jangan terlalu nyaman,” tambah Megawati.

Sebelumnya, Konvensi Buruh Nasional PDI Perhuanggan ke-5 memberikan mandat kepada Megawati untuk menetapkan posisi kebijakan partainya pada pemerintahan selanjutnya.

Hal ini sesuai rekomendasi Rapat Buruh Nasional PDI Perjuangan ke-5 yang digelar Jumat (24/5) hingga Minggu (26/5).

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menjadi orang yang membacakan hasil Rapat Kerja Nasional V di Stadion Beach City Ancol, Jakarta Utara, Minggu.

Rakernas Partai V telah memberikan kewenangan penuh kepada Ketua Umum PDI Perjuangan sesuai ketentuan Pasal 15 UUD PDI Perjuangan untuk menentukan pendekatan politik partai terhadap pemerintah, kata Puan. (AST/JPNN) Jangan lewatkan video terbaru :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *