Bawaslu Siaga Awasi Pemilihan Kepala Daerah Khusus Jakarta 2024

saranginews.com, JAKARTA – Anggota Daerah Khusus Pawaslu Jakarta Benny Sabdo mengaku siap mengawasi seluruh tahapan Pilpres 2024.

“Kita mengakui Daerah Istimewa Jakarta sebagai langkah politik nasional. Pasti menjadi peristiwa istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia. Jadi beban pengawasan Pilkada Daerah Istimewa Jakarta lebih berat,” kata Benny selaku koordinator penanganan pelanggaran. dalam rapat kerja di Jakarta Pusat, Senin (27/5/2024).

Baca juga: Demokrat Pertimbangkan Nama Gubernur Daerah Khusus Jakarta dan Harzaki Berikut Ini: Anies Tak Termasuk

Bini menjelaskan, Pawaslu Daerah Khusus Jakarta fokus pada pengawasan verifikasi administratif calon gubernur dan wakil gubernur independen.

“Saat ini kami sedang memantau secara ketat verifikasi administratif yang dilakukan oleh Unit Khusus Perlindungan Kompetisi Daerah di Jakarta,” kata Bini.

Baca juga: Presiden Jokowi Tandatangani Undang-Undang tentang Kawasan Khusus Jakarta

Menurut Bini, Bawaslu Daerah Khusus Jakarta juga siap menerima laporan masyarakat terkait segala bentuk dugaan pelanggaran pemilu di Daerah Khusus Jakarta.

“Warga Daerah Istimewa Jakarta diimbau untuk menginformasikan kepada kami jika menemukan dugaan pelanggaran pada tahapan pemilu,” kata Benny.

Baca juga: Blokir Kebijakan Fiskal, Bawaslu DKI Jakarta Patroli di Saat Tenang

Ditegaskannya, Pawaslu Daerah Khusus Ibukota Jakarta mengajak seluruh masyarakat untuk ikut aktif dalam pengawasan.

“Jika ada dugaan pelanggaran administrasi pemilu, tindak pidana pemilu, dan perselisihan proses pemilu, harap lapor ke Daerah Khusus Pawaslu di Jakarta. Pengawasan partisipasi berbasis masyarakat merupakan salah satu wujud pencapaian visi besar Pawaslu.

Menurut Benny, acara Pilkada Daerah Khusus Jakarta pasti akan menjadi topik yang populer. Sebagai acuan kepemimpinan nasional, Benny mengatakan, Pawaslu di Daerah Khusus Jakarta mempersiapkan diri secara serius.

“Hari ini kami melakukan kegiatan peningkatan kapasitas terkait penanganan pelanggaran di seluruh tingkat kabupaten/kota di Bawaslu. Jakarta Utara (jum/ jpnn) Video terpopuler hari ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *